Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Harga Tembakau Sedang Naik Daun

ktnanasional – Kudus. Tahun 2023 membawa berkah bagi petani Tembakau, semisal di wilayah Mojokerto panen tembakau Tahun 2023 ini mengalami peningkatan harga jual yakni harga daun basah yang sebelumnya di harga Rp 2.000-Rp 2.500 per kilogram, saat ini mencapai Rp 4.000 -Rp 4.500 per kilogram, naik 100 persen (Sabtu, 11/11/2023).

Demikian pula harga tembakau di kabupaten Rembang,  hasil dari 1 ha penanaman tembakau bisa dapat hingga 2 ton 3 kwintal. Dengan harga terendah Rp. 42.000 per kilo nya, sudah bisa dihitung pendapatan kotor petani tembakau di wilayah kabupaten Rembang Jawa Tengah. “Alhamdulillah tahun ini cuaca baik, produksi bagus dan harga juga bagus”, kata Muhni sekretaris KTNA Rembang.

Terlepas dari bermacam perdebatan soal tembakau, Penerimaan cukai hasil tembakau (CHT) hingga akhir Agustus 2023 yaitu sebesar Rp126,8 triliun, industri nya pun menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, total tenaga kerja yang diserap oleh sektor industri rokok sebanyak 5,98 juta orang dan didominasi perempuan. Adapun komposisinya terdiri dari 4,28 juta adalah pekerja di sektor manufaktur dan distribusi, serta sisanya 1,7 juta bekerja di sektor perkebunan.

Mereka yang bekerja di sektor perkebunan penunjang industri rokok ada petani tembakau, cengkeh, serta lainnya untuk memasok bahan baku ke industri rokok. Aspek ekonomi industri hasil tembakau (IHT) menjadi tempat bergantung bagi petani tembakau, petani cengkeh, juga lainnya. Sama seperti petani padi yang saat ini menikmati harga bagus, demikian pula bagi petani tembakau.

Bahkan untuk kota Kudus yang terkenal dengan Sejarah rokok kreteknya, industri rokok sudah menjadi bagian kehidupan sebagian besar masyarakatnya. Bayangkan kalau satu pabrik menyerap tenaga kerja hingga 4000 lebih, dan ada puluhan pabrik rokok SKT yang berproduksi disana. Pastinya besar sekali jumlah Masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari industri rokok. (adv)

“MEROKOK SEBABKAN KANKER PARU, Layanan Berhenti Merokok 0800-177-6565”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga