Kamis, 18 April, 2024

Artikel Terbaru

HKP Ke-51 Kab. Ciamis Tahun 2023

ktnanasional.com – CIAMIS. Senin, 3 Juli 2023, Sedang dilaksanakan pembukaan kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat Kabupaten Ciamis ke-51 Tahun 2023 di Halaman Stadion Atletik Linggasari, Kab. Ciamis.

Acara ini dihadiri oleh Yth. Bupati Kabupaten Ciamis Herdiat Sunarya beserta seluruh jajaran Kepala SKPD dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kab. Ciamis, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi beserta jajaran, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat (DISTANHORTI) Dadan Hidayat beserta jajaran, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional M. Yadi Sofyan Noor, sekjen KTNA Nasional H. Kusyanto, Ketua KTNA Jawa Barat Otong Wiranta dan Ketua KTNA Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, serta seluruh insan pertanian Kabupaten Ciamis.

HKP merupakan wujud raya syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala nikmat dan karunia yang di anugrahkan kepada para petani, yang diperingati setiap tanggal 21 juni setiap tahunnya. Dan HKP ke-51 tingkat Kabupaten Ciamis kali ini dilaksanakan dengan turut memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis Ke-381, yang diperingati pada tanggal 12 Juni, berbagi bulan yang sama dengan peringatan HKP.

Ketua KTNA Ciamis Pipin Apilin saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan bahwa HKP ke-51 Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2023 ini memiliki tema “Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan Berkelanjutan Menuju Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua” dengan harapan dapat menggelorakan dan menumbuhkembangkan budaya agraris agar maju dan sejahtera sejalan dengan tema Hari Ciamis ke-381 “Sinergi Membangun Kemandirian Ekonomi, Sejahtera Untuk Semua”. dan acara HKP ke-51 ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang nyata dalam pembangunan pertanian Kabupaten Ciamis.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada HKP ke-51 Kabupaten Ciamis kali ini pun tampak berdiri stand pameran yang menampilkan berbagai produk pertanian dari berbagai kecamatan di Kab. Ciamis serta dilaksanakan berbagai perlombaan dan hiburan yang diikuti oleh para petani dan nelayan dalam rangka memeriahkan hajat tahunan insan pertanian yaitu Hari Krida Pertanian tingkat Kabupaten Ciamis.

M. Yadi Sofyan Noor selaku ketua Umum KTNA Nasional pada sambutannya mengungkapkan rasa senangnya dapat hadir pada HKP Ke-51 Ciamis dan mengatakan bahwa inti kegiatan HKP adalah penghormatan kepada petani dan nelayan “Yang tentu saja harapannya agar menggerakan petani nelayan kita untuk maju dan sejahtera”.

Sofyan pun mengatakan bahwa KTNA berkomitmen akan menggerakan petani dan nelayannya untuk memotivasi petani milenial sebagai generasi lanjut dalam menjaga ketananan pangan, dan HKP merupakan momentum untuk melakukan hal itu

“Setelah pulang dari sini kami akan melakukan gerakan agar HKP ini dapat dilakukan di seluruh daerah di Indonesia”, kata Sofyan

Pada acara pembukaan ini pun di lakukan pemberian plakat KTNA yang diberikan oleh Sofyan selaku Ketua KTNA Nasional kepada Herdiat Bupati Ciamis sebagai tanda hubungan baik KTNA dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dan buku 50 Tahun KTNA sebagai Cinderamata.

Photo from MEDKOMINFO KTNA, Harmanto

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghormatan untuk Bupati Kabupaten Ciamis dan seluruh insan pertanian Ciamis yang telah berkontribusi dalam pembangunan pertanian nasional.
“Ciamis sudah saya catat, dalam menyelenggarakan HKP Ciamis tidak pernah absen meski dilanda Covid-19, hanya ada 9 Kabupaten yang konsisten dalam konsolidasi HKP setiap tahunnya dan salah satunya Ciamis, oleh karena itu saya ucapkan terimakasih kepada bupati dan jajarannya”, kata Dedi

Dedi menyampaikan bahwa SDM pertanian berperan 50% dalam kontribusi terhadap pembangunan pertanian “Jadi berbicara pembangunan pertanian mesti SDM nya dulu digarap, kemampuan serta keterampilan harus ditingkatkan, dan saya melihat betapa para petani milenial di kabupaten Ciamis ini sangat bergairah hari ini.

Di akhir sambutannya, Dedi berpesan agar HKP menjadi momentum dan waktu yang tepat untuk melakukan konsolidasi insan pertanian.

Herdiat Sunarya dalam sambutannya mewakili seluruh warga Ciamis mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir “Selamat datang kami ucapkan di HKP Kab. Ciamis dan terimakasih atas respek karena ini suatu kehormatan dan kebahagiaan atas support dan dukungan untuk warga masyarakat Ciamis khususnya para petani.

“Prof Dedi yang datang dari Jakarta untuk support para petani Ciamis telah menjadi motivasi kami agar keberpihakan kepada petani harus betul-betul ditingkatkan lagi”. Kata Bupati

Herdiat mengatakan bahwa Ciamis diberi anugerah alam yang luar biasa, airnya melimpah dan tanahnya subur maka SDM harus ditingkatkan agar lebih memaksimalkan hasil pertanian Ciamis “Saya ingin ada pembinaan untuk para petani Ciamis sejak usia dini, semoga cita-cita para petani untuk peningkatan kemampuan dapat lebih maksimal”

Herdiat selaku Bupati Ciamis telah mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya pada gelaran Pekan Nasional Petani dan Nelayan (Penas) ke XVI Tahun 2023 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (10/06/2023) dan tanda Kehormatan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas peran aktifnya di bidang pertanian melalui pembangunan _Mini Ranch_ Sapi Pasundan yang berdampak pada pengembangan agrowisata.

Selain itu membangun infrastruktur jalan usaha tani, jaringan irigasi, embung dan kawasan sistem rantai dingin (cold storage) yang menjaga suplai daging di pasaran sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani dan peternak di Kabupaten Ciamis.

Atas penghargaan tertinggi tersebut, Bupati Herdiat mengaku bersyukur dan menganggap hal tersebut adalah bonus atas kerja keras semua pihak. Yakni bagaimana bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Bukan bupati yang menerima satya lencana, tapi bapak ibu petani, saya hanya mewakili, jangan disalahartikan, yang berhak adalah para pejuang pertanian di lapangan” ucapnya sambil mengucapkan terimakasih secara langsung kepada para petani pada pembukaan acara HKP terkait tanda kehormatan yang didapatnya.

“Saya berharap Bapak dan Ibu petani tetap semangat dan kompak untuk pembangunan pertanian di kab. Ciamis” ucap herdiat sambil membuka acara HKP Ke-51 Kab. Ciamis tahun 2023.

Selamat hari jadi kab. Ciamis yang Ke-381 dan Selamat melaksanakan Hari Krida Pertanian yang Ke-51 untuk Kabupaten Ciamis.

Galuh nanjeur, Ciamis tangguh.
Jabar Juara!

Red: Arief Felix Rosewood

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga