Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Ini Dia Deretan Padi Tangguh Melawan El Nino

ktnanasional.com – JAKARTA, Ketika hembusan panas kering El Nino mengancam pertanian, sebuah revolusi hijau sedang bersemi di ladang-ladang padi. Dalam upaya untuk mengatasi tantangan perubahan iklim yang semakin nyata, para ilmuwan pertanian telah meluncurkan upaya luar biasa: varietas padi yang tangguh melawan godaan El Nino.

Sebagai sumber pangan pokok di ndonesia, aneka tanaman pangan seperti beras (padi), jagug, singkong dan lain sebagainya tentu perlu diwaspadai produktivitasnya dan kecukupannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala BSIP Tanaman Pangan, Priatna Sasmita mengatakan  El Nino dapat mengganggu musim tanam dan mengubah pola cuaca yang biasanya terjadi. Perubahan ini dapat menyebabkan penundaan dalam penanaman tanaman, penurunan luas tanam, atau bahkan kegagalan panen.

Di sisi lain, salah memilih varietas untuk bertanam di saat El Nino juga menentukan keberhasilan panen dari pangan pokok ini. Karena itu, petani perlu mengetahui beberapa varietas padi yang tahan ditanam selama El Nino.

Koordinator KSPHS dari Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Padi (BBPSI Padi), Dr. Suprihanto mengatakan salah satu dampak utama El Nino adalah penurunan curah hujan di beberapa wilayah, menyebabkan kekeringan. Kekeringan yang berkepanjangan dapat menghambat perkembangan tanaman dan menyebabkan kematian tanaman padi, terutama jika tidak ada sistem irigasi yang memadai.

Di sisi lain, suhu yang tinggi dapat menyebabkan stres termal pada tanaman padi, mengganggu proses fotosintesis, pertumbuhan akar, dan perkembangan gabah. Jika suhu terlalu tinggi, bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tanaman dan mengurangi hasil panen. Ditambah, El Nino dapat menyebabkan gangguan pada siklus pertumbuhan tanaman padi terutama mempengaruhi periode tanam, fase berbunga, atau masa pemasakan gabah.

Karenanya, dalam menghadapi El Nino, dibutuhkan Varietas Unggul Baru (VUB) padi yang berumur genjah dan toleran kekeringan. “Namun juga tahan akan OPT, karena dampak dari El Nino juga adalah kemungkinan terjadi ledakan OPT jika pengendaliannya tidak dilakukan secara benar oleh petani,” tambahnya.

Varietas Padi Rekomendasi untuk Hadapi El Nino

No

Varietas

Ekosistem

Umur

Potensi Hasil (ton/ha)

Keunggulan

1

Inpago 8

Padi Gogo

119

8,1

Tahan Blas, Toleran kekeringan, agak toleran Al dan Fe

2

Inpago 9

Padi Gogo

109

8,4

Agak tahan WBC, Agak tahan Blas, Agak toleran kekeringan  dan keracunan Al

3

Inpago 10

Padi Gogo

115

7,3

Tahan blas, agak toleran kekeringan dan keracunan Al

4

Inpago 11 Agritan

Padi Gogo

111

6,0

Tahan Blas, Tahan HDB, agak tahan kekeringan

5

Inpari 38 Tadah Hujan Agritan

Sawah Tadah Hujan

115

8,16

Agak tahan HDB, agak tahan blas, agak toleran kekeringan

6

Inpari 39 Tadah Hujan Agritan

Sawah Tadah Hujan

115

8,45

Agak tahan HDB, Tahan Blas, Agak tokeran kekeringan

7

Inpari 40 Agritan

Sawah Tadah Hujan

116

9,6

Agak tahan HDB, Tahan blas, Agak toleran Kekeringan

8

Inpari 41 Tadah Hujan Agritan

Sawah Tadah Hujan

114

7,83

Agak tahan HDB, Tahan Blas

9

Inpari 46 GSR TDH

Sawah Tadah Hujan

111

9,08

Agak tahan WBC, Tahan HDB, Tahan Blas

 

(admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga