Kamis, 18 April, 2024

Artikel Terbaru

Ini Tujuan KTNA Sadayana Ciamis Gelar Lomba Budidaya Bawang Merah, Berikut Perolehan Juara 1-3

ktnanasional.com – CIAMIS, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kecamatan Sadananya membagikan hadiah perlombaan budidaya bawang merah Brebes dalam polybag tingkat Kecamatan Sadananya, Selasa (18/7/2023).

Selain lomba budidaya bawang merah dalam polybag yang diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT), ada juga perlombaan menanam padi dalam polybag yang diikuti oleh para bapak kelompok tani.

Perlombaan tersebut digelar sejak beberapa bulan lalu dan diikuti oleh 8 desa yang ada di Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

Ketua KTNA Kecamatan Sadananya, Nani Kurniasih, menjelaskan perlombaan ini dilaksanakan dengan tujuan agar para petani di daerah tersebut lebih semangat lagi untuk bertani.

“Kita mengadakan perlombaan tersebut tujuannya agar ereka lebih semangat lagi untuk bertani, jadi jangan sampai mereka berpikir kalau bertani itu capek, lelah, tidak hasil, padahal tanpa lahan juga kita bisa memanfaatkan polybag untuk menghasilkan uang, menunjang perekonomian juga,” papar Nani.

Tambah Nani, untuk hasil panen bawang dan padi sudah dituai oleh para petani tersebut sejak dua bulan lalu dan sementara ini masih dikonsumsi atau dijual ke masyarakat sekitar.

Adapun untuk kriteria penilaian dari perlombaan tersebut yaitu bobot hasil panen yang didapat, kemudian tata cara penanaman bibit dan menambahkan pupuknya, lalu tingkat kesuburannya.

Sementara itu, Asep Halim selaku Sekretaris KTNA Kabupaten Ciamis mengapresiasi atas terselenggaranya perlombaan tersebut yang diinisiasi oleh KTNA Kecamatan Sadananya dan CV Parikesit.

“Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya perlombaan yang diinisiasi oleh KTNA Kecamatan Sadananya dan CV Parikesit yang di mana sudah melaksanakan satu kegiatan lomba budidaya bawang merah dan padi dalam polybag untuk memotivasi para petani khususnya KWT sehingga budidaya tanam bawang merah dan padi dalam polybag dilombakan, alhamdulillah sekarang sudah ketahuan juaranya dan tadi sudah diberikan piala dan hadiahnya,” jelas Asep Halim.

Menurutnya, budidaya bawang merah merupakan salahsatu komoditi unggulan nasional yang perlu dibudidayakan secara terus menerus untuk memenuhi kebutuhan ibu-ibu rumah tangga.

“Saya berharap setelah tadi melalui diskusi antara para petani, CV Parikesit dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mudah-mudahan tindaklanjutnya ada kemitraan budidaya bawang merah dalam polybag dengan CV Parikesit, dan saya berharap kepada pemerintah daerah untuk membimbing, memfasilitasi kegiatan KTNA yang dilaksanakan oleh Kecamatan Sadananya maupun KTNA yang lain,” tambahnya.

Dalam pemasaran hasil panennya nanti, Asep mengaku pihaknya akan menjadi penghubung antara petani dan perusahaan dalam hal ini adalah CV Parikesit, dan Parikesit menyambungkan ke perusahaan lain salah satunya dengan Indofood.

Hal itu dilakukan untuk menjaga harga supaya tetap stabil dan para petani fokus di proses budidaya, lalu untuk pemasaran ada yang mengurusnya.

Untuk para pemenang dari perlombaan bididaya bawang merah dalam polybag sebagai berikut:

  • Juara 1 budidaya bawang merah dimenangkan oleh KWT Cempaka Putih dari Desa Werasari
  • Juara 2 budidaya bawang merah diraih oleh KWT Purbasari dari Desa Gunungsari
  • Juara 3 budidaya bawang merah dimenangkan oleh KWT Binasari dari Desa Bendasari

Sedangkan juara pada lomba menanam padi dalam polybag sebagai berikut:

  • Juara 1 diraih oleh Bapak Hidayat dari Desa Gunungsari
  • Juara 2 diraih oleh Bapak Emo Nedi dari Desa Sukajadi
  • Juara 3 diraih oleh Bapak Wawan Hanurawan dari Desa Sadananya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunpriangan.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga