Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Integrated Farming di kota Lubuklinggau

ktnanasional – SUMSEL.  Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Lubuklinggau hadiri acara gerakan nasional ketahanan pangan tahun 2023. Sebagai partner utama Komando Distrik Militer 0406 Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara (Kodim 0406 MLM). Bersama sama membangun teritorial bidang pertanian dan tahun 2018 berhasil mengantarkan KODIM 0406 juara 1 nasional lomba Bina Teritorial (BINTER) tahun 2018.

Hingga sekarang berbagai kegiatan bersama dilakukan salah satunya adalah membangun kebun bersma “Integrated Farming” yang dikelola bersama antara Kodim 0406, KTNA dan Pemerintah Kota Lubuklinggau. Integrated Farming ini dibangun dalam bentuk Agroekopark yang juga dijadikan sebagai kebun untuk edukasi, pusat kajian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta inovasi teknologi dibidang Pertanian, peternakan dan perikanan.

Ketua KTNA Kota Lubuklinggau Hermanto, SP. M.Si. menjelaskan saat ini Agroekopsrk memiliki llahan seluas 10 hektare yang ditanami beberapa komoditi seperti Alpukat, beberapa varietas pisang diantaranya Kepok, Lilin dan Carvendis. Juga tanaman Hortikultura lainnya seperti Semangka, Melon dan sayur sayuran. Setiap tahun lahan full dimanfaatkan untuk tanaman Jagung.

Selain itu ada ternak sapi siemental ternak kambing, domba, kolam bioflok 10 unit, kolam tanah. Di lokasi ini juga dilakukan pembuatan pupuk organik dg pemanfaatan kotoran ternak, sisa tanaman dan buah. Ada kembanggaan sekarang telah dirilis POC bermerk dagang BIOS44 yg hak patennya dimiliki Korem Garuda Dempo dibawah kuasa usaha Mayjend. Kunto yang merupakan  hasil kerjasama sejak tahun 2018. Sebagai inovatornya adalah serka Inf. Addy  Kodim 0406 MLM.

“KTNA Lubuklinggau menjadi bagian tak terpisahkan dari semua aktifitas Agroekopark mulai inovasi, regulasi, tenaga dan usaha bersama sampai saat ini”, Kata Hermanto. (mh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga