Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Ir. Ilham Ari Wibadi Terpilih Menjadi ketua FKP4S Sulawesi Tengah

ktnanasional.com – SULTENG, SIGI.  Pembukaan Musyawarah  Wilayah Forum Komunikasi (FK) Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Provinsi Sulawesi Tengah oleh Kepala Dinas  TPH Sulawesi Tengah Nelson Metubun, SP. setelah Muswil dilakukan pengukuhan kepengurusan Forum Komunikasi  P4S oleh Ketua Umum FK P4S Nasional  Andi Burhan Badurrahman,  dihadiri perwakilan BBPP Batangkaluku Sabaruddin dan utusan P4S Asmayama Maros Sulsel  Baidarus. Muswil bertempat di lokasi calon P4S Maju Jaya Desa Oloboju Sigi.

Kepala Dinas TPH Sulteng menyampaikan agar supaya dalam Musyawarah Wilayah ini dapat memilih kepengurusan  P4S  yang handal dan potensial untuk menggerakkan semangat dan keaktifan  P4S  pada  berbagai usaha tani serta menciptakan regenerasi petani dari kalangan generasi muda petani atau petani milenial yang berperan  dalam pembangunan pertanian di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu Ketua Umum Nasional P4S  menyampaikan arahan  agar setiap Kabupaten/Kota harus terdapat minimal  lima  P4S dan membentuk forum komunikasi P4S  Kabupaten/Kota yang nantinya akan  mengkordinir kegiatan usaha P4S dan berkolaborasi dengan FK P4S  Provinsi dapat membuat koperasi dalam memfasilitasi kebutuhan saprodi, pembibitan, alsintan.peternakan serta pemasaran hasil-hasil pertanian.

Selanjutnya Ketua Umum yang merupakan putra Sulawesi Selatan yang saat ini berdomisili  di Samarinda Kalimantan Timur mengatakan bahwa terbuka peluang pemasaran produk pertanian melalui Badan Otorita IKN sehingga itu P4S dapat berperan untuk mengakses antara lain kebutuhan pangan di IKN.

P4S sebagai wadah kelembagaan petani  berpeluang untuk mendapatkan bantuan dari dana DAK dan  dukungan bantuan dari BPPSDMP walaupun terbatas sehingga itu  tentunya perlu didukung oleh Dinas baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam menunjang fasilitas pembelajaran dan permagangan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya.

Pada akhir sambutannya Ketua Umum Nasional P4S berharap agar supaya FK P4S dapat melaksanakan program kerja terutama dalam mengkonsolidasikan penumbuhan P4S di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam pelaksanaan Muswil FK P4S Sulawesi Tengah telah dipilih dan disusun pengurus baru sebagai berikut;

I. Dewan Pembina :

  1. Gubernur Sulawesi Tengah.
  2. Kepala BBPP Batangkaluku.
  3. Kepala Dinas TPH Sulawesi Tengah.

 

II. Dewan Penasehat:

  1. Ir. Muh.Adam.MM. MSi.
  2. Nasruddin SP. MSi.
  3. Muhammad Isma

 

III.Dewan Pertimbangan Organisasi:

  1. Ketua KTNA Provinsi Sulawesi Tengah.
  2. Ketua PPPSI Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Dewan Pengurus:

Ketua: Ir.Ilham Ari Wibadi.

Wakil Ketua I : I Wayan Padet

Wakil Ketua II: Mansur SP.

Wakil Ketua III: Moh.Rafik.

Wakil Ketua IV: Adi Sadapu.

Wakil Ketua V : Mursyid Husain.

Wakil Ketua VI: Yunus.

Wakil Ketua VII: Dasa Tandibua.

Sekretaris: Syarifudin Odjobolo.

Wakil Sekretaris I: Dhini Riskiyana.R.

Wakil Sekretaris II: Yukiyama

Bendahara: Feny Piantin.

Wakil Bendahara: Mashur Ranuang.

Selanjutnya telah disusun  personalia lengkap  sebanyak 10 kordinator-kordinator dan anggota Biro sebagaimana Petunjuk Operasional yang sama dengan struktur organisasi  pengurus P4S Nasional. (m.a)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga