Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

JA Hokkaido Tawarkan Magang Jepang, Tertarik?

ktnanasional.com – JAKARTA.Kementerian Pertanian terus mendorong generasi muda terjun ke dunia pertanian. Salah satunya dengan meningkatkan keterampilan dengan magang di Negara Matahari Terbit, Jepang. Salah satunya yang menawarkan magang di Jepang adalah JA Hokkaido

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menerima kehadiran delegasi dari JA Hokkaido di kantor Kementan, Jakarta, Kamis (19/10). Pertemuan membahas program magang pertanian ke Jepang.

Kepala BPPSDMP Prof. Dedi Nursyamsi mengatakan, magang Jepang ini menjadi program strategis bagi Kementerian Pertanian untuk regenerasi petani membangun wirausaha pertanian. Di satu sisi, Jepang memerlukan tenaga kerja yang sangat banyak dari Indonesia. Di sisi lain, Kementerian Pertanian ada program untuk membangun SDM melalui program magang.

“Kami kerjasama dengan JA Hokkaido untuk memperlancar program magang Jepang ini. BPPSDMP mempersiapkan calon-calon peserta magang, melalui pendidikan bahasa Jepang baik dilaksanakan di kampus Polbangtan maupun di P4S,” katany.

Prof. Dedi menambahkan, pihaknya mempersiapkan calon peserta magang itu melalui program teknik pertanian, yang sudah biasa bagi mahasiswa itu menerima pelajaran teknik budidaya dan sebagainya. “Kita siapkan juga untuk wirausaha beragribisnis, itu akan mereka perdalam di Jepang,” katanya.

Di Hokkaido, ungkap Dedi, peserta magang SSW (Spesific Skill Worker) bisa magang untuk intensif bagi mahasiswa. Apalagi di Polbangtan ada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 6 – 12 bulan itu intensif di luar negeri. “Ini juga menjadi prioritas kita memberangkatkan mahasiswa untuk MBKM di Jepang,” ujarnya.

Menurutnya, persyaratan untuk SSW harus lolos bahasa Jepang, dan ASAT atau teknik pertanian. Tiap tahun tidak kurang dari 1000 orang disiapkan. Namun yang lolos hanya sekitar 200 orang untuk SSW. “Spesific Skill Worker ini spesial, kalau tidak lolos bahasa Jepang dan ASAT nanti dia ikut program magangnya. Mahasiswa semester VI disiapkan untuk MBKM setiap kampus ada program itu termasuk kampus kita. MBKM ini disiapkan untuk internship di Jepang.

Dedi mengungkapkan, pemilihan lokasi di Hokkaido karena merupakan sentra pertanian, peternakan, dan pangan di Jepang. Kementan lebih fokus di Hokkaido karena kebutuhan tenaga kerja Indonesia kebanyakan di Hokkaido.

Menurut Uesaki Hiroyuki, Asosiasi Ketua Koperasi Pertanian Distrik Kamikawamereka menyambut baik keberadaan pemuda Indonesia belajar bertani atau magang ke Jepang. Diakui, kini Jepang kekurangan sumber daya manusia untuk bekerja di pertanian. “Jika anak-anak muda Indonesia belajar bertani ke Jepang akan membahagiakan bagi kami dan bermanfaat untuk kemajuan pertanian Indonesia nantinya,” katanya.

Di JA koperasi pertanian ada sekitar 52 orang yang bekerja dan 100 orang berada di sekitarnya. Mereka dikirim dari perusahaan Indonesia. “Kami berharap sedikit menambah itu dengan berhubungan langsung dengan Kementerian Pertanian, sehingga mereka bisa berlatih pertanian di Jepang. Setelah mereka pulang mereka akan membangun pertanian di Indonesia. Bagi kedua negara akan sangat bermanfaat sekali,”  Uesaki.

Uesaki mengakui, kesulitan mengajak anak muda untuk melanjutkan pertanian yang telah dirintis generasi sebelumnya. Bahkan, pihaknya harus mencari petani baru dari bidang lain. Misalnya, dulunya bekerja di bidang teknik industri (enginering) diajak untuk menjadi petani.

Ia menilai, sebenarnya menjadi petani itu menyenangkan, tidak seperti 30 tahun lalu di Jepang. Kini bertani di Jepang mudah karena banyak memakai alat, tidak seperti dulu berat, bahaya dan kotor.  Bahkan pendapatan petani cukup besar. Jika jaman dulu pendapatannya hanya 10 juta yen sekitar Rp 1 miliar dalam setahun.

Sekarang jadi petani bisa mendapatkan 100 juta. Artinya pendapatan mereka setahun itu Rp 10 miliar. Jadi menjadi petani sekarang itu asyik sekali, saya berharap bahwa orang Indonesia juga asyik menjadi petani muda mencoba menjadi petani di Jepang, “ katanya. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga