Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Jadi Ketua Umum HNSI, Herman Hery Janjikan Subsidi BBM untuk Nelayan Kecil

ktnanasional – BALI. Herman Hery resmi terpilih menjadi Ketua Umum DPP Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) lewat Musyawarah Nasional (Munas) VIII di Bali. Terpilih jadi Ketua Umum, Anggota Komisi III DPR RI itu berjanji akan membawa persoalan subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk nelayan kecil.

“Nomor satu adalah subsidi BBM. Subsidi BBM saat ini hanya dinikmati oleh nelayan industri. Bukan nelayan kecil,” kata Herman seusai Munas HNSI di Hotel Harris, Badung, Bali, Jumat (3/11/2023).

Herman mengatakan HNSI akan mendata seluruh nelayan kecil di Indonesia. Kemudian, mengusulkan kepada pemerintah agar memasukkan urusan perikanan dimasukkan ke dalam ketahanan pangan nasional.

Jika urusan itu masuk ke dalam ketahanan pangan, maka subsidi BBM akan terarah kepada nelayan kecil. Sebab, selama ini subsidi BBM hanya dinikmati oleh nelayan industrial bermodal besar.

“Hingga hari ini, subsidi BBM (untuk nelayan kecil) dibelokkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Sehingga nelayan hanya judulnya saja. Yang menikmati subsidi malah orang lain,” kata Herman.

Herman Hery terpilih menjadi Ketua Umum DPP HNSI pada Munas VIII di Bali. (Foto: Aryo Mahendro/detikBali)

Menurutnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa subsidi BBM tidak dimanfaatkan oleh nelayan yang seharusnya. Apalagi, data nelayan di seluruh Indonesia juga tidak akurat.

Untuk itu, dengan kepemimpinannya menggantikan Yussuf Solichien, Herman juga akan membawa HNSI mendekat kepada pemerintah. Herman berpendapat HNSI juga butuh dukungan pemerintah. (admin)

artikel ini telah tayang di detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga