Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Jokowi Resmikan Kampung Nelayan Modern Super Komplet di Papua

ktnanasional – PAPUA, BIAK. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kampung nelayan modern (kalamo) yang dibangun di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Kampung nelayan modern ini tepatnya terletak di Desa Samber-Binyeri, Distrik Yendidori.

“Dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan yang Maha Esa pada pagi hari ini saya resmikan kampung nelayan modern Desa Samber Binyeri, Biak Numfor, Provinsi Papua,” kata Jokowi di lokasi peresmian, Kamis (23/11/2023).

Berdasarkan informasi yang disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, kata Jokowi, kampung nelayan ini terintegrasi. Namun, Jokowi mengingatkan, membangun lebih mudah dibanding dengan memeliharanya.

“Hari ini kita akan meresmikan kampung nelayan modern, tadi saya sudah dibisiki Pak Menteri KKP pembenahan kampung ini terintegrasi komplit, ada cold storage, ada pabrik es, ada bengkel nelayan, ada tempat wisatanya tapi sekali saya ingatkan membangun lebih mudah merawat dan memelihara yang biasanya kita gagal,” jelasnya.

Lanjut Jokowi, banyak cold storage yang sudah dibangun tapi berhenti karena tidak bisa bayar listrik. Kemudian, sudah dibangun dengan bagus tapi tata kelolanya tidak baik. Oleh karena itu, Jokowi meminta adanya manajemen yang baik serta pendampingan terhadap nelayan.

“Persiapan untuk manajemen yang baik, persiapan untuk nelayan bisa memanfaatkan sebaik-baiknya, sebuah lokasi yang bagus seperti ini jangan sampai kita gagal lagi. Dampingi para nelayan, baik hal teknis, maupun manajerial, manajemen, sangat-sangat penting sekali,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Kementerian Kelauatan dan Perikanan (KKP) membangun berbagai fasilitasdi kampung nelayan modern. Sejumlah fasilitas utama yang dibangun seperti dermaga tambatan kapal, pabrik es, sentra kuliner, cold storage, shelter pendaratan ikan, kios perbekalan, hingga dock yard. Ada juga fasilitas pendukung mencakup balai pelatihan, instalasi air bersih, drainase, penerangan jalan, instalasi pengelolaan air limbah, hingga kantor pengelola.

Untuk menambah keindahan kampung pesisir tersebut, KKP turut membangun gapura, memperbaiki jalanan, membangun talud dan gardu pandang. Tak jauh dari sana terdapat stasiun pengisian bahan bakar yang nantinya akan diintegrasikan dengan kampung nelayan modern. (admin)

artikel ini telah tayang di finance.detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga