Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Juklak Penas XVI, Karya Wirausaha Petani-Nelayan

ktnanasional.com – Jakarta.  Ada hal yang menarik sewaktu pembahasan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Penas XVI Petani Nelayan Padang Sumatera Barat 2023. Finalisasi Juklak Penas yang dihadiri atas Undangan KTNA Nasional dihadiri dari perwakilan BPPSDMP Kementerian Pertanian RI dan Panitia Penyelenggara Provinsi Sumatera Barat. (Rabu, 05-04-23)

 

Rapat yang berlangsung di ruang rapat R 7 Lantai 7 Gedung D Kementerian Pertanian RI, salah satu pembahasannya adalah kegiatan Karya Wirausaha Petani dan Nelayan. Kegiatan yang mengekspose keberhasilan petani-nelayan dalam melaksanakan wirausaha skala kecil di pedesaan.

 

Salah satu kesuksesan dalam pelaksanaan Pekan Nasional yaitu secara ekonomi dapat menghasilkan transaksi selama pelaksanaan Penas dan diharapkan berlanjut seusai Penas. Mengingat cukup banyak komoditi milik perorangan atau kelompok usaha yang berasal dari seluruh Indonesia yang menawarkan produk produknya selama pelaksanaan Penas.

 

Tetapi selain transaksi langsung selama pelaksanaan Penas, ekspose yang dilakukan oleh peserta Penas dalam kegiatan Karya Wirausaha Petani-Nelayan juga memiliki potensi ekonomi jika apa yang di tampilkan bisa di contoh untuk dilaksanakan di masing masing daerah. Mengingat ekspose dalam kegiatan ini menekankan Kegiatan wirausaha yang diperagakan adalah usaha kecil dibidang industri kecil dan rumah tangga, yang sudah berjalan.

 

Jelas, tujuan yang akan dicapai dalam Karya Wirausaha Petani Nelayan (termasuk Petani Hutan) adalah untuk mempromosikan hasil produk petani nelayan, Menggali potensi petani nelayan dalam menciptakan bentuk-bentuk wirausaha kecil yang bisa dikembangkan serta Mengekspose wirausaha petani-nelayan yang berhasil diberbagai daerah atau di tingkat lapangan.

 

Untuk mengikuti kegiatan ini masing masing provinsi dipersilahkan untuk mendaftarkan calon pesertanya. Pendaftaran penyaji diusulkan kepada panitia penyelenggara paling lambat 10 Mei 2023 dengan menyerahkan makalah. Sarat dan ketentuannya termaktub di dalam Juklak, nantinya panitia penyelenggara akan melakukan seleksi penyaji mana yang akan ditampilkan di acara Penas XVI Petani Nelayan Padang Sumatera Barat.

 

Ada 4 kriteria yang bisa ditampilkan pada kegiatan Karya Wirausaha Petani Nelayan yang meliputi, 4 sub sektor lingkup Pertanian, meliputi : Bidang Tanaman Pangan, Bidang Hortikultura, Bidang Peternakan dan Bidang Perkebunan. Dan 2 sektor lainnya, yaitu : Bidang Kehutanan dan Bidang Kelautan/Perikanan. (admin)

 

 

 

 

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga