Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Kabupaten Tabanan Bali, Tuan Rumah Rembug KTNA Nasional 2024

ktnanasional.com – TABANAN.  Rabu 5 Juli 2023 bertempat di di ruang Rapat lantai III Kantor Bupati Tabanan menyelenggarakan Rembug Utama diperluas dengan menghadirkan Ketua Umum KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor. Panitia juga mengundang Dinas Instansi terkait, Pengurus Kelompok KTNA Provinsi dan Pengurus Kelompok KTNA Kabupaten/Kota beserta Pembina Kelompok KTNA baik di Provinsi maupun Kabupten Kota se-Bali.

Rembug dibuka oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, I Made Subagia, SPi., MM.   Ketidak hadiran Bupati Tabanan disebabkan karena masih berada di Luar Daerah sehubungan dengan adanya upacara keagamaan di Pura Gunung Semeru, Senduro, Lumajang Jawa Timur.

Dalam sambutannya Bupati Tabanan menyampaikan jika kehadiran Ketua Umum KTNA dan rombongan menunjukan betapa besarnya perhatian terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Tabanan. Sebagai Bupati, I Komang Gede Sanjaya berkomitmen terhadap pertanian di kabupaten Tabanan.

Komitmen ini secara utuh dituangkan dalam visi kabupaten Tabanan yaitu :  NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI. Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru Aman, Unggul dan Madani (AUM). Dimana salah satu bidang prioritas yang mendapat utama yang terkait penguatan Pangan, Sandang dan Papan.

Sampai saat ini Tabanan masih menyandang predikat “Lumbung Pangannya Bali” sebuah predikat luarbiasa dan mengandung konsekuensi besar ditengah permasalahan pertanian di era kekinian. Untuk mempertahankannya strategi utama yang dilaksanakan adalah melalui tiga aspek yang meliputi Produksi Pangan, Distribusi Pangan dan Keterjangkauan Harga Pangan.

Selanjutnya I Komang Gede Sanjaya menyampaikan, sejalan dengan Tema Penas yang diusung KTNA Nasional “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujutkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” sudah sangat tepat dan memberi motivasi bagi petani dan nelayan untuk berkreasi serta berkreativitas menuju kedaulatan pangan yang Handal, Tangguh dan Mandiri serta menumbuhkan rasa Bangga Menjadi Petani.

“Oleh karena itu Tabanan siap sebagai tuan rumah penyelenggara Rembug KTNA Nasional yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2024”, Tutup Bupati Tabanan.

Pada kesempatan yang sama, Ir. I Nengah Mawan, NL.P ketua KTNA Kabupaten Tabanan selaku Ketua Panitia Rembug menyampaikan laporan mengenai Rembug Utama yang Diperluas ini. Rembug Utama KTNA Tabanan ini  digagas oleh Pengurus KTNA Kabupaten Tabanan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala dinas Perikanan Kabupaten Tabanan selaku Pembina Kelompok KTNA Kabupaten Tabanan.

Ada beberapa Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Rembug  ini yaitu : (1) Tersosialisasikannya Hasil PENAS XVI Petani Nelayan Tahun 2023 di Padang, Sumatera Barat terutama mengenai Rekomendasi yang disampaikan kepada Pemerintah Pusat dan Komitmen Bersama KTNA dengan Pemerintah. (2) Terinformasikanya Salah satu Program KTNA Kabupaten Tabanan tahun 2024 yaitu ingin sebagai tuan Rumah Kegiatan HUT, REMBUG UTAMA KTNA Nasional dan Expo Pertanian Tahun 2024. (3) Menetapkan Kesepakatan dan keputusan lainnya.

Selanjutnya Ketua KTNA Tabanan menjelaskan telah menyampaikan keinginan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Rembug KTNA Nasional pada saat Penas Di Kota Padang dengan Pengurus KTNA Nasional. Sekaligus mohon dukungan kepada KTNA Provinsi dan KTNA Kabupaten-Kota serta kepada Pembina KTNA Provinsi dan Kabupaten/Kota se-bali, agar nantinya kegiatan yang direncanakan dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

Dalam Sambutannya Ketua Umum KTNA Nasional, M Yadi Sofyan Noor menyampaikan serta mengingatkan tugas dan fungsi KTNA yang harus dilakukan pada masing masing jenjang kepengurusan, mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota hingga kecamatan.

Sehubungan dengan Penas XVI yang baru saja berakhir, Sofyan mengatakan KTNA Nasional dalam salah satu keputusan Rembug telah menyampaikan rekomendasi kepada Pemerintah terkait dengan pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

“Dengan Kementerian Pertanian KTNA Nasional juga telah menanda tangani komitmen bersama terutama yang terkait dengan kesiapan kita menghadapi fenomena iklim El Nino yang sudah mulai dirasakan dampaknya”, kata Sofyan

Setelah Rembug selesai, Ketua Umum KTNA Nasional didampingi oleh Perngurus KTNA Kabupaten Tabanan dan Pembina meninjau Lokasi yang direncanakan sebagai tempat Pelaksanaan HUT, Rembug Utama KTNA Nasional dan Expo Pertanian tahun 2024 yaitu di DTW Tanah Lot Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. (mh)

 

Sumber berita : I Nengah Mawan, Ketua KTNA Tabanan Bali

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga