Kamis, 18 April, 2024

Artikel Terbaru

Kebun Karet Menjadi Saksi, Pengukuhan KTNA Kabupaten Malinau Provinsi Kaltara oleh Bupati Wempi W Mawa, S.E.

ktnanasional.com – KALTARA Malinau, bertempat di kebun karet di Tajan desa Tanjung Lapang Kecamatan Malinau Barat, hari Jumat (25/11/2022) dilakukan pengukuhan pengurus KTNA Kabupaten Malinau periode masa bhakti 2022 -2027. Untuk lima tahun kedepan KTNA Malinau dipimpin oleh Pdt. Robenson Tadem, M.Div. didampingi sekretaris Edison Mutang, S.E., M.Si. dan Bendahara M Padu.

Yang menarik dari prosesi  pengukuhan ini adalah dilaksanakan di ruang terbuka, kebun karet milik Kalvinus Perminas. Prosesi diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Susunan Kepengurusan KTNA Kabupaten Malinau yang dibacakan oleh Sekretaris KTNA Provinsi Kalimantan Utara Sulaiman Beddu, dilanjutkan dengan pengukuhan oleh bupati Malinau dan penyerahan pataka yang diterima oleh Robenson Tadem.

Ketua KTNA Kabupaten Malinau Periode 2022-2027, Robenson Tadem Menerima Pataka Dari Bupati Malinau

Dalam sambutannya Bupati Malinau menyampaikan “ Pemerintah kabupaten akan mendukung semua kegiatan KTNA, terlebih apabila produk produk dari anggotanya bisa dipasarkan keluar kabupaten Malinau”, ujar bupati.

Salah satu program andalan kabupaten Malinau adalah RASDA PLUS, Beras Daerah Plus yang merupakan  pengembangan dari program pemerintah sebelumnya. Dengan langkah strategis dalam 100 hari kerja yang telah di jalankan seperti perbaikan jalan usaha tani sepanjang 269,64 km, melebihi target 100 km, menaikkan harga gabah kering giling Rp. 6.100/kg, memberikan apresiasi kepada stakeholder pertanian dan merealisasikan penyediaan alat berat tingkat kecamatan.

Pemkab Malinau berkomitmen memberikan reward bagi para petani. Tujuannya, agar para petani mampu mendongkrak produksi lahan pertanian dan lahan-lahan tidur dapat difungsikan kembali.

Pengurus KTNA Kabupaten Malinau Periode 2022-2027

Bupati Malinau Wempi W Mawa menyampaikan, pemberian reward kepada para petani sudah menjadi bagian dari program Rasda plus. Ini tentu saja menjadi tantangan kepengurusan KTNA periode 2022 -2027, untuk menjadi jembatan penghubung antara program pemerintah kabupaten dengan kelompok kelompok tani yang menjadi bagian dari KTNA itu sendiri.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang akan memberikan penilaian dalam proses pemberian reward, dan pemberiannya tidak hanya kepada petani program RASDA PLUS  saja tetapi juga mencakup bidang peternakan dan perkebunan. Dengan pemberian reward ini, pemerintah kabupaten Malinau menghargai jerih payah dari para pelaku penggerak ekonomi di Malinau. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga