Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Kejar Target Produksi Beras, Pemkab Purwakarta Optimalisasi Infrastruktur Pendukung Sektor Pertanian

ktnanasional – JAWA BARAT, PURWAKARTA. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Purwakarta mengoptimalkan seluruh infrastruktur sumber daya air untuk mendukung ketersediaan air bagi sektor pertanian. Langkah itu ditempuh untuk memastikan tercapainya target ratusan ribu ton beras selama tahun 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta Sri Jaya Midan mengungkapkan, guna mengejar target ratusan ribu ton beras tersebut, optimalisasi infrastruktur sumber daya air sangat penting.

Menurutnya, mengatakan terdapat infrastruktur sumber daya air untuk pertanian yang tersebar di sejumlah daerah sekitar Purwakarta.

Sumber daya air untuk sektor pertanian tersebut ialah embung, waduk (danau), kolam retensi, saluran irigasi, serta penyimpanan air buatan.

“Sesuai arahan Pj Bupati, untuk menjamin ketersediaan pasokan air, kita akan mengoptimalkan berbagai infrastruktur sumber daya air seperti embung. Waduk, kolam retensi dan penyimpanan air buatan lainnya,” kata Midan dikutip Rabu (1/5/2024).

Saat ini di Purwakarta terdapat 33 embung yang tersebar di sepuluh kecamatan yaitu di Kecamatan Bojong, Darangdan, Wanayasa, Kiarapedes, Pondoksalam, Plered, Maniis, Pasawahan, Cibatu, dan Kecamatan Campaka.

Menurut Midan, setiap embung mampu menyimpan cadangan air minimal 500 meter kubik. Cadangan air setiap satu embung itu mampu membantu pengairan sawah sedikitnya 20 hektar.

“Infrastruktur pertanian lain yang akan dibenahi, lanjut Midan adalah saluran irigasi penyuplai air ke areal persawahan,” jelasnya.

Kabupaten Purwakarta total memiliki 64 Daerah Irigasi (DI) yang terdiri dari saluran irigasi tersier yang panjangnya mencapai 91.675 meter dan saluran irigasi sekunder yang panjangnya mencapai 38.258 meter.

“Kita akan lakukan berbagai langkah pembenahan untuk memastikan ketersediaan pasokan air bagi lahan pertanian. Terjaminnya ketersediaan air merupakan salah satu syarat agar produksi pangan tercapai,” kata Midan. (admin)

artikel ini telah tayang di infoka.id

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga