Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Kelengkeng Jember Super Dari Semboro

ktnanasional.com – JATIM Semboro.  Selama ini kecamatan Semboro Kabupaten Jember terkenal dengan produksi buah jeruknya. Buah Jeruk yang dihasilkan petani Kabupaten Jember khususnya di Kecamatan Semboro terkenal manis. Tampilan buahnya pun unik dan segar.

Namun buah yang terkenal dengan sebutan “Jeruk Siem Jember ” itu terasa pahit manakala kini harganya anjlok hingga ke level terendah Rp 5.500-6.000 ribu ditingkat petani, pada saat panen raya.

Menyikapi kondisi tersebut, H. Sujari dari desa Semboro Kecamatan Semboro mencoba mengembangkan komoditi yang berbeda dengan yang sudah ada di desanya. Sekitar 3,5 tahun yang lalu Sujari mulai mengembangkan tanaman Kelengkeng di kebunnya. Dengan bermodal 80 bibit kelengkeng varietas Jember Super yang ditanam di lahan nya seluas 0,2 hektar, Tanamannya mulai berbuah pada saat berumur 2,5 tahun.

Awalnya Sujari menanam kelengkeng bermula dari keinginannya untuk mengubah kebiasaan tanaman jeruk yang ditanam petani-petani sekitarnya. Tanaman jeruk ini sebenarnya sudah terkenal sampai keluar kota yaitu jeruk semboro bahkan terkenal sampai ke Jakarta. Akan tetapi bagi nya keuntungan dari tanaman jeruk ini ketika panen raya harga relatif murah, dari sanalah mulai berfikir panjang bagaimana caranya untuk memperoleh keuntungan yang lebih layak.

Sujari merasa bahagia ketika kebunnya dikunjungi oleh Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto, S.T. beserta tamu dari Jakarta. Dia menjelaskan saat ini pohon kelengkengnya sekali panen bisa menghasilkan 50 kg per pohon dengan harga jual di kebunnya Rp. 28.000/ kg. sementara untuk pemeliharaan dan perawatannya selama ini Sujari lebih banyak mempergunakan pupuk organik dan sedikit saja pupuk kimia.

“Apa yang sudah saya coba ini semoga bisa diikuti oleh petani lain, jangan bergantung pada hasil kebun Jeruk saja”, kata Sujari. (rhw)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga