Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Kelompok Tani di Waibu Sewa Tanah Pemkab Jayapura Jadi Lahan Pertanian Produktif

ktnanasional – PAPUA, JAYAPURA. Sejumlah kelompok tani di Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura mengelola tanah pemerintah yang disewa menjadi lahan pertanian dengan menanam berbagai komoditi mulai dari cabai, tomat, kol, jagung dan lainnya selama 7 tahun.

Haris salah satu kelompok tani di Distrik Waibu mengaku mengelola lahan milik Pemkab Jayapura yang disewanya setiap tahun seluas 3 hektar untuk bertani.

“Kami mengelola lahan pertanian secara mandiri dengan peralatan yang manual, dan menanam berbagai jenis komoditi pertanian,” kata Haris usai dikunjungi PJ Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, di Waibu (26/02/2024).

Dengan mengelola lahan pertanian seluas 3 hektar secara manual, Haris, mengharpkan adanya bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dalam mendukung para kolompok tani.

“Kami sebenarnya butuhkan pupuk, dan alat pengelolaan tanah, selama ini masih manual, dan cukup memakan waktu,” ujar.

Sementara itu, Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo melakukan peninjauan pertanian di Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Distrik Waibu, Kabag Ops Polres Jayapura, dan Kelompok Tani di Distrik Waibu.

Triwarno menyampaikan, Peninjauan sejumlah komoditi pertanian di Distrik Waibu, guna memastikan secara langsung ketersediaan tanaman pangan yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Kita melihat para petani yang sudah mengelola lahan ini secara gigih, Kami turut berterimakasih atas memanfaatkan lahan menjadi areal pertanian yang produktif dengan berbagai tanaman cabai, tobat, kol, timun, terong, jagung, di atas lahan di Distrik Waibu,” katanya.

Pj Bupati Jayapura mengingatkan OPD lainnya agar dapat meningkatkan program yang langsung oleh masyarakat, apalagi dalam peningkatan ketahanan pangan dan mengantisipasi terjadinya inflasi di Kabupaten Jayapura.

“Jadi saya sudah turun begini, Dinas lain juga turun melihat apa yang dibutuhkan masyarakat, dan tidak tak terpaku oleh DPA, tapi juga harus suport kerja-kerja masyarakat,” ucapnya. (admin)

artikel ini telah tayang di fajarpapua.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga