Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Kelompok Tani Gambut Berkah Panen 5 Ton Jagung Tanah Gambut

ktnanasional – RIAU, BENGKALIS. Kelompok Petani Gambut berkah melakukan panen jagung perdana hasil penanaman mereka di lahan gambut di Desa Bantan Tua Kecamatan Bantan, Jumat (29/12) pagi. Jagung yang dipanen jenis jagung manis bonanza yang ditananam beberapa bulan lalu tumbuh subur.

Hasil panen jagung mereka cukup bagus, bongkahan jangung yang dipanen cukup besar dan berisi. Ketua Kelompok Petani Gambut Berkah Mardi mengatakan, pihaknya memilih jagung karena beberapa waktu lalu sempat menanam pepaya, namun hasilnya kurang memuaskan.

Jagung sendiri sebenarnya bukan tanaman yang berhabitat di tanah gambut. Namun pihaknya bersama kelompok taninya mencoba berinovasi menanam jagung di tanah gambut.

Meskipun ujicoba namun mereka memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan ujicoba ini. Tanah gambut milik mereka merupakan tipikal tanah gambut kering, untuk itu saat menanam jagung mencoba melakukan rekayasa pengairan agar tanah gambut mereka bisa tumbuh jagung dengan baik.

“Kita berupaya bersama dengan kelompok, memang membutuhkan biaya yang lebih besar dari pada kita menanamnya di lahan dengan tanah selain gambut. Namun setelah panen ini hasilnya ternyata lumayan lebih bagus,” ungkap Mardi

Menurut dia, untuk penanaman ini, pihaknya berhasil panen sebanyak 18.000 batang jagung. Dengan hasil sekitar lima ton jagung dengan berat satu jagung tersebut ukuran besar bisa mencapai setengah kilogram.

“Harga jagung manis di Bengkalis ini cukup tinggi dengan panen sebanyak ini hasilnya cukup lumayan. Hanya saja untuk penampung di Bengkalis masih kurang, beruntung saat musim panen kali ini berdekatan dengan perayaan tahun baru, pembeli juga cukup tinggi,” terangnya.

Menurut Mardi, jika penanaman jagung ini mendapat dukungan pemerintah untuk Bengkalis, wilayah pulau ini berpotensi untuk menjadi pengahasil jagung. Apalagi banyak lahan gambut tidur yang belum dimanfaatkan, pihaknya telah membuktikan berhasil menanam jagung manis saat ini.

“Kita sudah buktikan tanah gambut berhasil untuk ditanam jagung. Saran kalau jagung manis tidak bisa penjualan dengan skala besar lebih baik ditanam jagung khusus untuk jagung pakan ayam ini lebih cocok. Karena penampung banyak yang bersedia,” terangnya.

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso yang hadir pada panen jagung milik kelompok petani gambut berkah menyambut baik usulan petani ini. Pihaknya akan berupaya memfasilitasi petani di Bengkalis untuk mulai menanam jagung. Pihaknya akan mengandeng mitra dari luar membantu petani mengembangkan tanaman jagung di Bengkalis.

“Kita upayakan nanti hadirkan mitra dari luar, kita kontrak, berapapun bibitnya di kasih dan alat alat mereka juga. Penjualan hasil panen mereka juga yang akan ambil,” terang Bagus.

Menurut Bagus, pihaknya sudah lama mencari contoh hasil panen jagung Bengkalis agar bisa dibawa kepada mitra.

“Hari ini kita sudah dapat hasil panen di sini ternyata hasilnya memuaskan dan akan kita coba bawa ke pihak ketiga. Kalau mereka bersedia aka kita jalankan dan gandeng para petani di Bengkalis,” tandasnya. (admin)

Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga