Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Kelompok Tani Sawit Bakal Terima Bantuan BPDPKS, Kadis Perkebunan Berau: Masih Proses Kelengkapan Administrasi

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, BERAU. Pemkab Berau melalui Dinas Perkebunan terus melakukan pendampingan dan dukungan para petani mandiri di Kabupaten Berau untuk bisa mendapatkan bantuan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Kepala Dinas Perkebunan, Lita Handini mengatakan, bantuan tersebut memiliki berbagai program untuk membantu peningkatan produksi kelapa sawit mandiri.

Salah satunya yakni bantuan intensifikasi sawit berupa pupuk, yang menjadi target pihaknya untuk membantu petani sawit di Kabupaten Berau.

“Untuk kelompok petani sawit di Kampung Semanting masih dalam proses pemenuhan kelengkapan administrasi,” ungkap Lita.

Lanjutnya, pihaknya membantu petani sawit mandiri untuk mengusulkan bantuan tersebut pada lahan seluas 50 Hektare (Ha) di Kampung Teluk Semanting Kecamatan Pulau Derawan pada tahun lalu.

“Tahun 2024 ini kami kembali mengajukan untuk di Kampung Tumbit Melayu dengan luasan 50 Hektare dan pada Tanggal 2 Mei kita akan Mou dengan pusat terkait dengan anggaran tersebut,” bebernya.

Diakuinya, penerimaan bantuan ini memang memerlukan proses yang panjang. Karena belajar dari daerah lain di Kaltim, juga memerlukan proses dua sampai tiga tahun baru terealisasi.

“Namun kita akan terus berupaya memenuhi segala kebutuhan administrasi dengan membantu kelompok petani sawit kita bisa memenuhi persyaratan,” katanya.

Lita menyebut, kesempatan mendapatkan bantuan ini harus diambil. Pasalnya, petani swadaya sangat membutuhkan bantuan pupuk. Kata dia, pupuk selain langka juga harga pasarannya mahal.

“Jadi kalau dana ini bisa terealisasi bisa membantu intensifikasi yang akhirnya dapat meningkatkan produksi,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, dengan syarat-syarat yang berat itu, pihaknya akan terus berupaya membantu para petani sawit.

Salah satunya dengan melakukan sosialisasi agar para petani bisa secara mandiri mempersiapkan kelengkapan persyaratan administrasi yang diperlukan.

“Sehingganya kedepan akan ada terus kelompok yang kita ajukan untuk mendapatkan sapras dari BPDPKS ini,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas telah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk lebih maksimal memberikan pendampingan dan dukungan kepada para petani dan sektor lainnya.

“Tidak hanya di sektor pertanian kelapa Sawit saja, tapi sektor lainnya juga penting. Ini komitmen saya selaku kepala daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para petani sawit,” pungkasnya. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga