Selasa, 28 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Kelompok Tani Sugih Mukti Bangun Jalan dari Hasil Tani

ktnanasional – JAWA BARAT, BANDUNG BARAT. Melalui PAD, kelompok tani Sugih Mukti desa Cijenuk Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat telah memberi kontribusi pembangunan jalan 300 meter yang di prioritaskan untuk para petani.

Ketua kelompok tani Sugih Mukti Sdr Kohir (40) menyampaikan kepada jurnalis Kompas86.id sementara ini modal yang dipake untuk lahan pertanian memakai dana sendiri.

Adapum lahan yang dipakai merupakan lahan milik desa yang luasnya 1 hektar. Pemakaian lahan tersebut telah membantu para petani yang saat ini ditanami cabai serta jenis sayuran lainnya.

Kohir sendiri telah mengelola tanah milik desa lebih dari setahun dan alhamdulilah bisa menyerap tenaga kerja 10 orang. Saat di komfirmasi Kohir telah menghasilkan pemasukan PAD untuk desa setahunnya 3 juta.

” para petani disini rata-rata memiliki luasan lahan 1 hektar, dan berbagi hasil usaha pertahun senilai 3 juta rupiah. Beruntung dari hasil tani tersebut dananya dipakai untuk pembangunan jalan” tutur Kohir, Senin (22/4)

Sama halnya dengan kelompok tani lain, jika PAD yang dihasilkan dari hasil tani tersebut dibangun untuk pembangunan jalan bagi kepentingan para petani wilayah tersebut.

Jalan desa kurang kwbih 300 m telah terbangun dari hasil PAD dan bantuan Bea Cukai KBB

Selain dari PAD desa, sumbangan jalan pun diperoleh dari Bea Cukai. Kohir berharap, kedepan jalan desa bisa ditambah 200 meter mengingat masih ada jalan yang belum terbangun. Jadi panjang jalan menjadi 500 meter dengan lebar 2.5 m.

Wilayah Kabupaten Bandung Barat memang memiliki lahan sangat luas diman sebagian lahannya merupakan lahan produktif sebagai lahan perkebunan. Tentunya hal ini dapat dimanfaat sebagian kelompok masyarakat yang memiliki keahlian diperkebunan. (admin)

artikel ini telah tayang di kompas86.id

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga