Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Kelompok Tani Ternak Maendo Jaya Kalinusu Bumiayu Raih Juara 1 KTT Provinsi Jateng

ktnanasional – BREBES. Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang ditorehkan Kelompok Tani Ternak (KTT) Kambing ‘Maendo Jaya’ Dukuh Maribaya Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes. KTT tersebut, berhasil meraih juara 1 lomba KTT berprestasi kategori kambing tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023.

“Alhamdulillah, KTT Maendo Jaya juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Urip Sihabudin mengapreasi keberhasilan KTT Brebes, di ruang kerjanya, Jumat (3/11/2023)

Urip mendorong kepada KTT M Maendo Jaya tetap mempertahankan prestasinya sehingga bisa menjadi contoh KTT lainnya untuk meningkatkan produktivitas, inovasi dan kesejahteraan. Pasalnya, daerah Pantura Barat seperti Brebes membutuhkan ternak Kambing sebagai konsumsi kuliner Sate, hari raya Qurban dan juga manfaat lainnya sehingga ternak kambing perlu di kembangkan dan lebih berkesinambungan.

Hadiah diserahkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Agus Wariyanto kepada Ketua KTT Maendo Jaya Karsim didampingi Kepala DPKH Brebes, drh Ismu Subroto, di Disnakeswan Prov Jateng 30 Oktober lalu.

Kata Agus, lomba dimaksudkan untuk mendorong dan mengapresiasi KTT yang bertujuan untuk memotivasi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas hasil ternak di Jawa Tengah. Penilaian lomba Kelompok Tani Ternak berprestasi pada 6 (enam) komoditas ternak yang terdiri atas KTT Sapi Perah, Sapi Potong, Kerbau, Kambing, Domba dan Itik.

Hadiah para pemenang lomba berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Juara 1 uang pembinaan kelompok sebesar Rp10 juta, juara 2 Rp8,5 juta dan juara 3 Rp7,5 juta.

“Hadiah bukan menjadi ukuran utama, tapi yang lebih hebat adalah para kelompok ternak yang telah berhasil dalam usaha budidaya dan pengembangan ternak, agar bisa menularkan ilmunya tentang kiat sukses beternak kepada peternak di sekitarnya, sehingga mampu mengangkat ekonomi keluarga,” pungkas Agus.

Untuk juara Kategori Kelompok Ternak Kambing, Juara 1 diraih KTT Maendo Jaya Desa Kalinusu, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes, Juara 2 KTT Sidareja Desa Kesenet, Kec Banjarmangu, Kab Banjarnegara dan Juara 3 KTT Setro Mandiri Desa Tendas, Kec Tayu, Kabupaten Pati.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Brebes drh Ismu Subroto mengungkapkan KTT Maendo Jaya memiliki nilai lebih unggul dari KTT Kambing lainnya di Jawa Tengah. Kelompok yang dipimpin Karsim itu memiliki 16 anggota dengan populasi 254 ekor kambing. Meski masih tergolong pemula, tetapi KTT Maendo Jaya telah membuktikan bisa bersaing dengan kabupaten/kota lain.

“KTT Maendo Jaya selain budidaya kambing juga memiliki sejumlah potensi pertanian dan peternakan terpadu yang meliputi kegiatan pemanfaatan Biogas Kotoran Kambing, Membuat Pupuk Organik dan Produksi Briket Kotoran Kambing,” imbuh Ismu. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga