Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Kelompok Ternak Itik Sehati Desa Tambalang Wakili Kabupaten HSU ke Lomba Tingkat Provinsi Kalsel

ktnanasional.com – AMUNTAI, Kelompok Ternak Itik Sehati (Sejahtera, Harmonis dan Inovatif) Desa Tambalang, Kecamatan Sungai Pandan, saat ini sedang bersaing dalam lomba di level Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Mereka mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada lomba Kelompok Tani Ternak Itik yang diselenggarakan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Dsibunnak) Provinsi Kalsel, bersaing dengan peserta dari kabupaten lainnya.

Desa Tambalang saat ini jumlah penduduknya sebanyak 557 jiwa, tersebar di empat RT dengan luas wilayah 892,50 hektare.

Rata-rata mata pencaharian masyarakat Desa Tambalang saat ini ada pada pertanian dan juga peternakan.

Kepala Desa Tambalang, Abbdussyahid, menyampaikan, Kelompok Tani Ternak Itik Sehati didirkan pada 19 Desember 2019 dan seiring berjalannya waktu bisa terus berkembang dengan baik.

Tim penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan saat ke lapangan, melakukan penilaian, di Desa Tambalang, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). (DISKOMINFOSANDI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA)

“Hingga saat ini anggota kelompoknya sudah berjumlah sebanyak 21 orang,” katanya.

Pemikiran membentuk Kelompok Ternak Itik Sehati ini setelah melihat potensi yang ada di bidang peternakan itik semakin meningkat.

Sehingga, dibentuknya kelompok ternak ini akan mampu juga turut mengangkat kesejahteraan perekonomian masyarakat yang ada di Desa Tambalang

Terus bisa berkembangnya Kelompok Ternak Itik Sehati ini juga tidak lepas dari pembinaan yang terus dilakukan Dinas Pertanian HSU.

“Terima kasih kepada Dinas Pertanian HSU yang selama ini terus membina dan juga membimbing desa kami sampai saat ini, sehingga Kelompok Tani Ternak Itik Sehati Desa Tambalang bisa mengikuti penilaian lomba ternak di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Melalui lomba ini, lanjutnya, tentu dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi Kelompok Ternak Itik Sehati agar kedepanya semakin lebih baik lagi.

“Semoga Kelompok Ternak Itik Sehati Desa Tambalang mendapat juara terbaik di tingkat Provinsi Kalsel,” harapnya.

Sementara itu, tahapan penilaian sendiri telah dilakukan Senin (24/7/2023) dengan datangnya tim penilai dari Provinsi Kalsel ke Desa Tambalang, Kecamatan Sungai Pandan

Dalam lomba tahun ini, dari 13 Kabupaten kota di Kalsel, ada 11 kabupaten yang ikut berpartisipasi mengikuti pelaksanaan penilaian lomba.

Kabupaten HSU merupakan termasuk kabupaten yang tidak pernah absen menngikuti ajang ini dalam setiap tahunnya.

Bahkan untum lomba penilaian kelompok tani ternak itik Kabupaten HSU selalu mendapatkan hasil yang terbaik.

Pada lomba ini, ada beberapa aspek dalam penilaian, di antaranya aspek identitas kelompok, mitra kerja kelompok, kelembagaan, budi daya dan terakhir pengadaan bibitnya. (admin)

Artikel telah tayang di banjarmasinpost.co.id

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga