Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Kemarau Panjang, Peternak Sumedang Diimbau untuk Awetkan Pakan Rumput

ktnanasional.com – JAWA BARAT, SUMEDANG. Memasuki musim kemarau panjang, para peternak di Kabupaten Sumedang mulai kesulitan mencari pakan ternak. Sebab, rumput sulit didapat karena kondisinya yang kering.

Atas kondisi tersebut, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang menghimbau peternak untuk pandai-pandai dalam mengawetkan pakan khususnya rumput.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Masayarakat Veteriner Diskanak Sumedang, Mursjid Abdulloh mengatakan, pengawetan pakan ternak dapat dilakukan dengan cara fermentasi.

“Untuk permentasi ini sebaiknya dilakukan sebelum memasuki musim kemarau dimana rumput masih mudah dicari, sehingga ketika masuk musim kemarau peternak tidak kelabakan mencari pakan,” ucap Mursjid, Selasa (19/9/2023).

Menurut Mursjid, bila proses permentasinya berjalan bagus maka pakan dapat bertahan dalam jangka waktu lama bahkan bisa lebih dari 3 bulan.

“Sebenarnya para peternak sudah mengetahui tehnik permentaai pakan rumput ini, hanya saja permasalahannya terkadang mereka malas melakukannya karena harus mencari rumput lebih banyak dari biasanya,” katanya.

Lebih lanjut, Mursjid mengatakan, akibat tidak pandai dalam mengawetkan pakan, peternak pun terkadang harus mencari pakan lainnya seperti dage dedak ataupun ongok yang dapat menambah biaya pemeliharaan. (admin)

Artikel telah tayang di bandungraya.inews.id

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga