Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Kementan Kukuhkan Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Periode 2023 – 2028

ktnanasional.com – JAKARTA. Dewan Pengurus Pusat PERHIPTANI masa bakti 2023-2028, dikukuhkan di Auditorium Kantor Pusat Kementerian Pertanian.  Pengukuhan ini merupakan hasil Kongres PERHIPTANI Ke VIII di Padang Sumatera Barat dan terpilihnya Ketua Umum PERHIPTANI masa bakti 2023 – 2028 serta telah terbitnya Surat Keputusan Ketua Umum DPP PERHIPTANI Nomor 19/SK/DPP PERHIPTANI/VI/2023 tentang Struktur Organisasi Kepengurusan Dewan Pengurus Pusat PERHIPTANI. (25/10/2023)

PERHIPTANI merupakan organisasi profesi penyuluh yang bersifat keilmuan, persaudaraan, kemasyarakatan, kemandirian dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik dengan tujuan untuk mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisien, dan produktif serta dilaksanakan bersama pemerintah dan masyarakat.

Pengukuhan dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian yang mewakili Plt. Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dan para perwakilan dari Eselon I dan II lingkup Kementan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa penyuluh pertanian harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan iklim dan ancaman krisis pangan global dan bersinergi untuk menjalankan program antisipasi El Nino dan krisis pangan global.

Penyuluh pertanian adalah garda terdepan yang akan mentransformasikan inovasi dan teknologi kepada petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian. Apalagi saat ini kita sedang mengahadapi El Nino dan krisis pangan global, ujar Kabadan Dedi,

Dalam sambutannya Ketua Umum PERHIPTANI mengungkapkan bahwa peran penyuluh pertanian dalam pembangunan pertanian sangat penting dalam mendukung program pemerintah, sehingga sinergi dan koordinasi yang baik mutlak dibutuhkan. Karena penyuluh adalah garda terdepan yang akan mengawal pertanian.

Selain itu, PERHIPTANI juga mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode, dan manajemen penyuluhan pertanian melalui penyaluran aspirasi penyuluh pertanian, ungkapnya.

PERHIPTANI merupakan organisasi profesi yang bersifat keilmuan, keahlian, dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik. Kami mengajak kepada rekan-rekan penyuluh pertanian untuk lebih profesional dan mempersiapkan diri agar lebih baik lagi dengan menggunakan akal sehat agar tidak terjebak dalam hal-hal diluar tugas fungsinya selaku penyuluh pertanian, ujar Isran Noor.

“Penyuluh pertanian adalah agen perubahan”, tegasnya. Sebagai agen perubahan, maka tugas utama penyuluh pertanian adalah sebagai katalisator, pemberi jalan keluar, membantu petani untuk menolong dirinya sendiri dan penghubung terhadap sumber-sumber yang dibutuhkan petani karena sejak dulu para petani adalah pahlawan bangsa.

Diakhir sambutannya Isran Noor meminta agar organisasi PERHIPTANI harus dinaikkan martabat dan harkatnya supaya memiliki fungsi yang lebih baik lagi. Dukungan anggaran terhadap kegiatan penyuluhan pertanian juga harus semakin besar dan semua pengurus PERHIPTANI harus meningkatkan kualitasnya dan tidak harus menunggu perintah lagi.

Inspektur Jenderal Jan Samuel Maringka mengucapkan selamat kepada pengurus PERHIPTANI yang baru. “Kementan tidak akan bekerja sendiri tanpa bantuan dari para petani, KTNA, penyuluh-penyuluhnya melalui organisasi PERHIPTANI”, ujarnya.

Jan Samuel pun berharap agar anggaran pertanian tidak terjadi penurunan yang signifikan.

“Inilah saatnya para penyuluh pertanian untuk bersama-sama mencari para pemimpin yang berpihak kepada sektor pertanian agar tidak terjadi lagi penggerusan lahan-lahan pertanian”, ujarnya.

Infrastruktur harus tetap berjalan dan kebersihan terhadap pertanian harus diperhatikan lagi. Mari bersama-sama membangun pertanian demi menjaga ketahanan pangan dan mendukung kedaulatan pangan dengan “Jaga Pangan Jaga Masa Depan”, tutupnya. (admin)

30 KOMENTAR

  1. Penyuluh pertanian kab. Ada yang belum mendapatkan TPP atau tunjangan lain sejenisnya sampai hari ini.. sedangkan di kab propinsi lain sudah mendapatkan kesejahteraan tersebut.. miris kondisi ini, pemerintah pusat sudah merealisasikan menyokong dana tunjangan bagi penyuluh tapi di daerah tidak mau meneruskan itu.. swasembada pangan terus digenjot targetnya tapi tunjngan ooerasionalnya tidak diberi… Sungguh tidak selaras dg program nasional..

  2. Kompetensi penyuluh harus ditingkatkan.
    Dari: Penyuluh Pertanian Swadaya di Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara.

  3. Saya adalah seorang petani dan juga Penyuluh Pertanian Swadaya di Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara.
    Saya menciptakan inovasi bertanam cabai rawit dengan biaya yang sangat rendah. Inovasi ini saya beri nama Tehnik PADEAR yaitu singkatan dari Pertanian Dengan Anggaran Rendah. Inovasi ini sudah berhasil saya ujicoba kepada petani yang umumnya petani miskin/tidak punya modal kuat pada 3 tahun belakangan ini. Dan berhasil memuaskan petani.

    Ada pun yang dimaksud dengan Tehnik PADEAR ini sebagai contoh yang kami lakukan, dimana untuk tanaman cabai rawit sejumlah 1000 batang atau lebih Inovasi Tehnik PADEAR hanya membutuhkan biaya modal sebesar Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah) saja. Dengan hasil panen per 2 minggu sekali adalah sebanyak 100 kilogram. Bila dibandingkan dengan bertanam cabai rawit pada umumnya, yang bermodal besar, secara umum orang menanam cabai rawit sejumlah 1000 batang adalah antara 3.000.000 SD 6.000.000 (enam juta rupiah). Ini berdasarkan pengakuan dari petani bermodal dan salah satu perusahaan pestisida PT. S .

    Adapun fokus inovasi Tehnik PADEAR ini adalah efisiensi modal, tenaga, waktu, perawatan, dan pupuk. Dengan inovasi Tehnik PADEAR kita tidak perlu melakukan penyiangan, pembumbunan batang, tidak menggunakan mulsa serta tidak melakukan penggunaan pestisida dari sejak tanam hingga panen perdana. Bagi yang tertarik dengan inovasi ini dapat menghubungi saya di E-mail : jandwilsonsinaga@gmail.com atau WA : 085275106416.

  4. Sebenernya penyuluh pertanian itu membantu petani untuk menyampaikan cara berbudidaya yang benar, mulai waktu,olah lahan, bibit, pupuk, mencegah penyakit, perawatan, panen dan pasca panen. Oleh karena itu harus menguasai betul ilmunya dan lakukan dengan disiplin. Harus terjun betul di lapangan dengan melakukan kegiatan yg benar. Selamat dan salam sukses.

    • Idealnya memang ngurus teknis budidaya sesuai dgn bidangnya, tapi kenyataannya penyuluh juga disibukkan oleh hal-hal non teknis, penyuluh sekarang beda dengan penyuluh dulu yg murni urusan teknis,

  5. jayalah perhiptani semoga kesejahteraan penyuluh lebih diperioritaskan dlm program kerjanya agar penyuluhan pertanian kedepannya lbh maju dan mandiri.

  6. Sukses slalu perhiptani indonesia maju, jangan lupo perhatikan kawan2 didaerah untuk d perjuangkan menjadi pppk agar kesetaraan merata. salam satu jiwa

  7. Perhiptani gak bisa perjuangkan nasib paara penyuluh yg di daerah..kesenjangan di antara penyuluh pusat dan daerah sangat jauh….jadi bagi saya organisasi ini tidak bermanfaat ..hanya di jadikan alat politik identitas…payah

  8. Bop penyuluhpertanian minim sekali tlg diperhatikan. Sekalian cabut permeentan nomer 10 th 2022 mengenai hanya 9 komoditas yg dpt pupuk subsidi. Ini tidakbmenunjukkan keadilan bagi petani hort. Buah dan sayur.

  9. Smoga anggaran pertanian d perhatikan, kualitas dan kuantitas SDM penyuluh dperhatikan, smoga bid pertanian yg msk pada rkening belanja urusan pilihan agar bisa mjd urusan wajib, spt kesehatan, pendidikan, PU,,krn hal ini berpengaruh saat kita mengusulkan anggaran, krn selama ini hanya urusan pilihan

  10. Saya petani, tapi tidak pernah ketemu penyuluh pertanian, entah dmn dia menyuluh, harusnya penyuluh pertanian berada dilapangan atau lokasi pertanian bukan dikantor, apa yg disuluh dikantor, gaya kayak udh berprestasi tau nol

  11. Masih ada THL Daerah penyuluh pertanian yg belum bisa ikut tes P3K karena pendidikan yg belum linear, padahal pengabdian sdh 10 tahun lebih,semoga dengan dikukuhkannya perhitani pusat bisa memperhatikan nasib mereka.

  12. Selamat & Sukses atas pengukuhan PERHIPTANI masa bakti 2023-2028, smoga Penyuluh Pertanian sllu mndapat perhatian untuk kejayaan pertanian berkelanjutan.

  13. “Perhiptani jaya petani juara”
    Kayaknya belum ada yg menyuarakan nich,,, baik dari Kementerian Pertanian maupun Perhiptani,,,, tentang Perpres RI No. 16 th 2013,,,sejak SBY dulu kenapa nggak ada perubahan sudah dua periode presiden,,, kayaknya sudah ketinggalan & sekarang Layak Besaran Tujuan Fungsional Penyuluh Pertanian “naik”…jadi kado istimewa diakhir periode Kabinet Indonesia Maju,,

  14. Perhiptani jaya,,, Petani sejahtera, Indonesia juara,
    Segera tinjau Perpres No. 16 tahun 2013 dan sudah selayaknya besaran Tunjab Fungsional Penyuluh Pertanian dinaikan,,, sejak Periode SBY lho,,,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga