Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Kenalkan Dasar Dasar Pertanian Kepada Peserta Didik dan Santri

ktnanasional.com – RIAU Rokan Hilir.   Siswa atau disebut juga dengan peserta didik adalah generasi milenial yang sedang menuntut berbagai disiplin ilmu yang ke depan akan menjadi bekal masa depan sebagai keterampilan dan sekaligus membuka lapangan pekerjaan.

Mereka menuntut ilmu di beragam Lembaga Pendidikan yang salah satu tujuannya untuk merubah karakter ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik.

Ilmu pengetahuan dan keterampilan bisa saja dimasukkan tentang pertanian secara menyeluruh, sehingga saatnya mereka menamatkan pendidikan mereka sudah memiliki dasar-dasar keterampilan khususnya pertanian.  sehingga mereka setelah tamat sesuai dengan sumber daya alam sekitarnya bisa memanfaatkan ilmu yang sudah didapat untuk berbudidaya pertanian.

Di Kabupaten Rokan Hilir, salah satu tugas mulia dari Penyuluh Pertanian Swadaya adalah sebagai guru tamu,  yang selalu diundang ke sekolah-sekolah atau juga pondok pesantren untuk memberikan keterampilan tentang dasar-dasar pertanian kepada siswa atau pun santri di pondok pesantren.

Kegiatan ini dipandang positif bagi pengelola pendidikan maupun pondok pesantren sehingga pengelola pendidikan ataupun pondok pesantren melibatkan penyuluh swadaya pertanian untuk berkontribusi terhadap kegiatan di lembaga pendidikan atau pondok pesantrennya.

Diharapkan ke depan pihak pemerintah dapat memfasilitasi Penyuluh Pertanian swadaya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan-pelatihan Penyuluh Pertanian swadaya.

Para peserta didik atau siswa juga santri mendapat ilmu pengetahuan dasar-dasar pertanian di lembaga pendidikannya akan ditularkan kepada orang tuanya yang rata-rata adalah petani. (as)

Kontributor : Alkahfi Sutikno, PPS Kabupaten Rokan Hilir

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga