Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Kendalikan Hama Tikus di Lahan Pertanian, Desa Manunggal Kedamean Bangun 25 Rubuha

ktnanasional.com – GRESIK, Hama tikus yang kerap mengganggu para petani selama ini memang sulit dihilangkan dan membuat para petani gagal panen. Untuk meminimalisir dan mengendalikan hal tersebut Pemerintah Desa Manunggal kecamatan Kedamean Gresik membangun Rumah Burung Hantu (Rubuha) diarea persawahan.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemdes Menunggal ialah membangun sebanyak 25 rumah burung hantu (rubuha) di tengah lahan pertanian warga. Rubuha tersebut dibangun secara merata di lahan pertanian seluas 320 hektare.

“Rubuha yang dibangun di area pertanian cukup sederhana. Kami mendirikan tiang setinggi lima meter yang dicor dan pada bagian atas dibuatkan rumah-rumahan yang diberi atap,”ujar Kepala Desa Menunggal, Setya Dwi Iryanto, Rabu (26/07).

Dikatakan Setya Dwi Iryanto, tidak sedikit lahan pertanian yang kerap mengalami gagal panen akibat banyaknya hama tikus. Tak tega melihat nasib para petani, Setya Dwi Iryanto mengusulkan program rubuha di APBDes 2022 lalu dengan anggaran sebesar Rp 62,5 juta.

“Pelaksanaan kegiatannya di bulan november 2022 lalu. Ada 25 titik rubuha yang dibangun. Seperti di wilayah selatan 10 itu titik dan utara 15 titik,”katanya.

Seperti diketahui burung hantu merupakan salah satu musuh alami tikus. Oleh karena itu, setelah dibangun keberadaan rubuha membawa manfaat bagi para petani karena serangan tikus terhadap tanaman padi maupun hasil perkebunan lainnya menjadi minim.

“Alhamdulillah sekarang bisa meminimalisir hama tikus. Saat malam hari aktivitas burung hantunya kelihatan, kadang tikus yang dimangsa malah dibawa ke rubuha. Kalau dulu sering gagal panen, sekarang tidak lagi,”beber Kades Menunggal.

Saat ini, para petani di Desa Menunggal bisa tidur nyenyak. Bahkan, ada yang sudah selesai panen, namun tak sedikit yang selesai menanam. Termasuk aktifitas persiapan mengolah lahan untuk ditanam kembali.(admin)

Artikel telah tayang di panjinasional.net

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga