Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Ketua KTNA Riau Yusri, Membuka Musda DPD PPPSI Kabupaten Kampar

ktnanasional.com – RIAU Bangkinang.  Sabtu 18 Maret 2023, bertempat di Aula Kantor Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang, telah dilangsungkan Musyawarah Daerah, Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia (PPPSI)  Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.  Musda  hadiri 100 orang Penyuluh Pertanian Swadaya  se Kabupaten Kampar, yang berasal dari 20 kecamatan, Ketua KTNA Provinsi Riau, Sekretaris DPW PPPSI Provinsi Riau, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kampar dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura kabupaten Kampar, yang diwakili oleh Kabid Penyuluhan Arifin, S.P., dari 251 desa yang ada di Kabupaten Kampar Penyuluh ASN yang ada saat ini hanya 80 orang saja, dan di bantu 100 orang Penyuluh Pertanian Swadaya.   Artinya Kampar masih sangat kekurang Penyuluh, dengan adanya Penyuluh Swadaya Dinas Pertanian Kabupaten Kampar sangat merasa terbantu. Khususnya dalam menyampaikan inovasi dan teknologi pertanian di lapangan.

Dengan jumlah Kelompok Tani 3.061 yang sudah terdaftar di Simluhtan dan tersebar di 251 desa/kelurahan jelas Penyuluh yang ada saat ini tidak mencukupi. Juga masih ada kelompok kelompok yang belum terdaftar di Simluhtan. Ini menjadi tugas bersama antara Penyuluh ASN dan Penyuluh Swadaya. Perekrutan penyuluh swadaya dapat dilakukan seleksi pada pengurus KTNA di pelbagai tingkatan, petani berprestasi, pengelola P4S, Alumni IKAMAJA juga dari penyuluh ASN yang telah purna tugas.

Ketua KTNA Riau Yusri Menyampaikan Sambutan Sekaligus Membuka Secara Resi Musda DPD PPPSI Kabupaten Kampar

Dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi Musda DPD PPPSI Kabupaten Kampar, Yusri selaku ketua KTNA Provinsi Riau memberi apresiasi mendalam atas terlaksananya Musda ini secara swadaya. Pengurus dan anggota PPPSI harus selalu berkolaborasi dengan Penyuluh ASN baik dilapangan ataupun di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang menjadi “Home base” Penyuluh di setiap kecamatan.

“Kedepannya pembangunan pertanian di semua lini akan lebih maju lagi, jaga kekompakan serta selalu dekat dengan petani dan nelayan,” kata Yusri.

Prosesi pemilihan dalam musda DPD PPPSI Kabupaten Kampar berjalan secara demokratis. Dari 21 kecamatan hadir 20 kecamatan, dan 18 kecamatan  sepakat untuk mendaulat Afdillah menjadi nahkoda PPPSI Kabupaten Kampar masa bhakti 2023 – 2028. Pemilihan dipandu langsung oleh sekretaris PPPSI Provinsi Riau Suratman.

Setelah Afdillah terpilih dilanjutkan dengan penyusunan struktur kepengurusan oleh tim formatur, mendampingi ketua terpilih ditunjuk Rahmat sebagai sekretaris dan Syamsiah, SE sebagai bendahara. Hari itu juga dilakukan pelantikan pengurus oleh Sekretaris PPPSI Provinsi yang mewakili ketua PPPSI Provinsi Riau Ponimin, S.H.

Dalam sambutannya ketua terpilih Afdillah menyampaikan program kerja yang menjadi prioritas adalah pembentukan Pos Penyuluhan Desa (POSLUHDES) di setiap desa/kelurahan yang belum terbentuk. Program ini akan dibuat sejalan dengan perekrutan Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) pada desa atau kelurahan yang belum memiliki Penyuluh secara definitive.

“Kita menyadari Perkumpulan ini baru lahir, namun kita harus memiliki keyakinan dengan kerjasama dan kolaborasi, akan membawa perubahan ke arah pembangunan pertanian dalam arti luas yang lebih maju di Kabupaten Kampar,” pungkas Afdillah. (af/mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga