Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Ketua KTNA Samatiga Sambut Baik Tanam Padi Serentak Dua Tahun Empat Kali

ktnanasional – ACEH BARAT. ‘Keujruen Blang’ sekaligus ketua KTNA kecamatan Samatiga kabupaten Aceh Barat T. Adian menyambut baik terkait gerakan turun kesawah dan tanam padi secara serentak dua tahun empat kali seperti halnya di inisiasi oleh beberapa orang perwakilan geuchik di wilayah sekitar dua hari yang lalu.

“Mantan Imum Mukim Lhok Bubon sekaligus salah seorang sosok sangat peduli terhadap pembangunan Samatiga ini secara komprehensif tersebut sangat setuju dengan wacana pola tanam seperti pernah disuarakan sebelumnya oleh sejumlah petinggi gampong di wilayah kerjanya,” katanya, Kamis (18/4/2024).

Menurut T. Adian wacana beberapa orang geuchik terkait pola turun kesawah secara serentak merupakan suatu analisis bermuara pada pengalaman pola tanam akhir-akhir ini.

Lebih lanjut T. Adian pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa InshaAllah dia akan melakukan koordinasi lintas sektoral baik dengan seluruh ketua kelompok tani di kecamatan Samatiga maupun pihak berkompeten lainnya di Aceh Barat.

Untuk memperoleh hasil maksimal dalam usaha pertanian tentunya semua petani di kecamatan Samatiga terdiri dari 32 gampong dituntut wajib menyamakan visi dan persepsi di bidang pertanian dengan mengandalkan pola tanam padi secara serentak tetap mengedepankan azas musyawarah dan mufakat.

Tidak ada salahnya pola tanam padi sekitar 40 tahun yang lalu diadopsi kembali, mulai dari “Kenduri Blang”, penyemaian benih waktu turun kesawah seluruhnya terorganisir secara sistematis. (admin)

artikel ini telah tayang di beritamerdekaonline.com

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga