Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Ketua Umum KTNA : Kaltim Mampu Untuk Berdaulat Dan Mandiri Pangan

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, SAMARINDA. Hadir sebagai narasumber di acara Pertemuan Teknis Kelembagaan Pertanian Se-Kalimantan Timur Ketua Umum KTNA Nasional M.Yadi Sofyan Noor menjelaskan dengan lugas mengenai arti, jenis dan bentuk serta perbedaan kelembagaan yang ada di dunia pertanian hari ini sesuai dengan aturan yang sudah ada.

Sesuai dengan tema pertemuan teknis yang digagas Dinas TPH Kaltim, Sofyan membawakan presentasi dengan judul Peran dan sinergi Kelembagaan Pertanian menuju kemandirian pangan di Kalimantan Timur.

Disampaikan dengan lugas oleh Sofyan bahwa Kelembagaan Pertanian dan Kelembagaan Petani itu berbeda.

“contohnya seperti KTNA itu tidak bisa menerima bantuan dari pemerintah, KTNA itu Kelembagaan Pertanian beda dengan Kelompok Tani itu bisa menerima bantuan dari pemerintah” kata Sofyan.

Dan fungsi dari kelembagaan tersebut selain sebagai wadah edukasi juga sebagai unit pelayanan jasa untuk pengelolaan alat pertanian.

“Jadi untuk bisa memajukan dunia pertanian, semua jenis kelembagaan baik itu lembaga pertanian ataupun Lembaga Petani, harus bisa bersinergi hingga menghasilkan keseimbangan yang harmonis dan memberikan dampak yang optimal”ujar Sofyan.

Akhirnya kelembagaan didalam dunia pertanian harus bisa berperan sebagai sarana untuk mewujudkan harapan, keinginan dan pemenuhan kebutuhan Petani.

Selain itu Sofyan juga menyampaikan jika Kalimantan Timur ingin cepat mencapai kedaulatan dan kemandirian pangan kesempatan tersebut masih terbuka lebar.

“Lahan di Kaltim masih banyak, SDM nya juga ada, Tinggal fokus untuk meningkatkan kapasitas serta potensi yang bisa dimaksimalkan produksinya, orang kaltim ini hebat jadi saya yakin Kaltim bisa berdaulat dan mandiri dalam hal pangan” tutup Sofyan.

Turut hadir sebagai narasumber dikesempatan tersebut juga Ketua Perhiptani Isran Noor dan Ketua FK-P4S Andi Burhan Badurahman Abdullah. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga