Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Kisah Kelompok Wanita Tani Lingkungan Mrican, Caturtunggal, Yogyakarta, Sukses Bertani di Kota

ktnanasonal – YOGYAKARTA. Kisah menarik ini datang dari para kelompok wanita tani lingkungan Mrican, Caturtunggal, Yogyakarta.

Dimana kisah kelompok wanita tani lingkungan Mrican, Caturtunggal, Yogyakarta ini sukses bertani di kota bersama BRI.

Bagi siapapun yang datang berkunjung ke padukuhan (lingkungan) Mrican Caturtunggal, akan dapat pemandangan menarik hasil bertani salah satu kelompok wanita tani di Yogyakarta ini.

BRI membersamai para kelompok wanita tani yang ada di Mrican Caturtunggal Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dimana wilayah tersebut terkenal dengan kawasan padat penduduknya. Akan tetapi kawasan ini tampil memesona, rapih, dan terawat, tak ada kesan dusun kumuh.

Justru, kehadiran ke Padukuhan ini, para pengunjung benar-benar dimanjakan dengan aneka tanaman hijau yang dibudidaya warga.

Sedari pagi, kegiatan yang penuh antusiasme terjadi di Mrican Caturtunggal Depok, Sleman.

Para ibu-ibu dari Kelompok Tani Wanita (KWT) Srikandi dengan semangat merawat tanaman bersama.

Tidak sekadar tanaman di pekarangan rumah masing-masing, tetapi tanaman yang menjadi bagian dari sistem urban farming yang diterapkan di wilayah ini.

KWT Srikandi, yang telah eksis sejak 2014, menjadi salah satu pionir dalam menerapkan konsep urban farming di Mrican Caturtunggal Depok.

Ketua KWT Srikandi, Nur Handayani, menjelaskan bahwa ide ini pertama kali muncul dari Sumarji, pendiri KWT, pada 26 Desember 2014.

Sejak saat itu, Mrican Caturtunggal Depok terus berkembang menjadi contoh sukses penerapan urban farming di wilayah perkotaan.

Ekosistem urban farming yang diterapkan di Mrican Caturtunggal Depok memiliki tujuan ganda, yaitu mengoptimalkan lahan yang terbatas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Metode ini terbukti tidak hanya memberikan manfaat ekonomi melalui peningkatan pendapatan, tetapi juga konservasi sumber daya tanah dan air.

Menariknya, KWT Srikandi mendapatkan dukungan dari BRI Peduli melalui BRInita atau Program BRI Bertani di Kota.

Bantuan yang diberikan mencakup fasilitas sarana dan prasarana, peralatan bertani, tanaman, serta media tanam.

Nur Handayani menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap BRI Peduli, yang telah berperan besar dalam mengembangkan urban farming di Mrican Caturtunggal Depok.

Program BRInita tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga memberikan edukasi tambahan kepada anggota KWT Srikandi.

Pelatihan memasak menjadi salah satu bentuk edukasi yang diberikan, membantu mengolah hasil panen tidak hanya sebagai bahan baku segar, tetapi juga dalam bentuk olahan makanan dan layanan katering.

Dengan 44 anggota aktif, KWT Srikandi berhasil menjadikan urban farming sebagai sumber pendapatan yang signifikan.

Hasil panen mereka, baik berupa sayuran segar maupun olahan makanan, berhasil dijual di tingkat lokal, menguatkan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja.

Sumarji, pendiri KWT Srikandi, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan BRI Peduli.

“Kami berterima kasih kepada BRI Peduli yang sudah menggandeng Mrican Caturtunggal Depok sebagai mitra dengan memberikan fasilitas untuk UMKM bagi KWT Srikandi,” ucapnya.

Ia juga menekankan bahwa program ini tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga berkontribusi dalam pembangunan dan renovasi padukuhan, membawa perubahan positif bagi seluruh wilayah.

Agustya Hendy Bernadi, Corporate Secretary BRI, menambahkan bahwa BRI terus berkomitmen untuk mendukung tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Program BRInita menjadi salah satu bentuk komitmen nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan di daerah padat penduduk.

Hendy berharap bahwa keberhasilan KWT Srikandi dapat menjadi inspirasi bagi kelompok-kelompok lain di seluruh Indonesia untuk mengadopsi konsep urban farming dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. (admin)

artikel ini telah tayang di aspirasiku.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga