Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Kisah Sukses Petani Milenial, Andik Susiawan

ktnanasional.com – KALIMANTAN TIMUR, KUTAI KARTANEGARA. Banyaknya stigma di masyarakat bahwa menjadi seorang petani adalah hal yang tidak membanggakan, merupakan pekerjaan yang sangat rendah, stigma tersebut dipatahkan oleh seorang petani yang berasal dari Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebulu Kabupaten Kukar.

Andik Susiawan Pemuda dengan usia 40 Tahun boleh dibilang dapat mematahkan stigma tersebut. Anggota Kelompok Tani Mawar tersebut memulai usahanya untuk menggeluti komoditi Hortikultura mulai dari lahan seadanya dan gubug yang dibangun di lahan hortik nya.

Lahan hortikultura yang beralamat di Jalan P Jaya Karta desa Mekar Jaya Kecamatan Sebulu Kutai Kartanegara saat ini ditanami komoditas tomat, gambas, cabe, timun dan bawang merah. Dengan total luas lahan 5 hektar.

Sebagai gambaran Desa Mekar Jaya adalah Desa pemekaran dari Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu. Asal mula Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebulu yang pertama adalah karena padatnya jumlah penduduk Desa Sumber Sari yang berjumlah kurang lebih 6.000 jiwa, sehingga agar lebih memudahkan kepemerintahan dan pelayanan masyarakat serta pemerataan pembangunan maka di adakan pemekaran dari desa induk sendiri.

Alasan yang kedua adalah dengan besarnya keinginan warga desa pemekaran agar dapat mengurus Rumah Tangga Desa sendiri dalam masalah kepemerintahan serta pembangunan dan didukung dengan letak daerah yang memungkinkan untuk diadakan pemekaran dari desa induk itu sendiri.

Kolaborasi seorang Andik Susiawan dengan dinas teknis dan aparat desa berbuah hasil yang manis. Berikut adalah sepenggal kisah inspiratif dari salah satu petani di Indonesia yang bisa menginspirasi generasi muda sehingga mau untuk terjun ke dunia pertanian. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga