Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Kombinasi Pertanian dan Pariwisata, Jadi Keunggulan Tabanan di Bali

ktnanasional.com – BALI, Kabupaten Tabanan di Provinsi Bali berupaya menggabungkan potensi daerah mereka yaitu pertanian, dengan sektor pariwisata. Cara ini menjadi salah satu langkah strategis untuk memanfaatkan kekuatan Tabanan di sektor pertanian, seperti disampaikan oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. “Jadi kalau kami membajak sawah, bagaimana kearifan lokal para pekerja di sawah bisa (sekaligus) menjadi atraksi pariwisata. Begitu juga saat aktivitas (biji) kopi dipetik, bisa jadi atraksi, itulah bonusnya,” kata Sanjaya saat ditemui di kantor Kompas Gramedia Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Untuk beberapa aktivitas, seperti melihat proses membajak sawah sampai memetik biji kopi, wisatawan mancanegara sampai rela membayar. Lebih lanjut, Sanjaya menjelaskan, pariwisata mencakup makna yang luas. Bukan hanya sekadar mengunjungi tempat wisata yang indah, tetapi juga menikmati atau bahkan mencoba pengalaman unik.

Wisatawan menikmati sungai dan sawah di Jatiluwih. sumber : wandernesia.com

Oleh karena itu, ia menilai aktivitas yang berkaitan dengan pertanian sebagai sektor paling utama di Tabanan, bisa dijadikan sebagai sarana wisata sekaligus. “Jadi pariwisata sebagai daya dukung pertanian itu. Sektor pertanian sebagai hulu, dan bonusnya pariwisata,” ungkapnya. Tabanan yang kaya keindahan alam Menurut Sanjaya, Tabanan agak berbeda dari kabupaten atau kota lainnya di Bali karena lebih fokus bergerak pada bidang pertanian. “Hampir 75 persen masyarakat Tabanan bergerak di pertanian. Kami masyarakat agraris, 25 persennya baru pariwisata,” ujar dia.

Bersantap dengan pemandangan di Jatiluwih, beberapa restoran yang menyajikan masakan internasional dan lokal berjejer di jalan kecil yang menghadap sawah terasering Jatiluwih. Sumber : id.hotel.com

Kendati tidak berfokus utama pada pariwisata, Sanjaya menjelaskan bahwa bentang alam di Tabanan merupakan salah satu yang terlengkap di Bali. Mulai dari pantai, gunung, sawah, hingga danau, semua dimiliki oleh Tabanan. (travelkompas.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga