Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Kreasi IPTEK Mahasiswa Polbangtan Kementan Kuasai GELTEK PENAS XVI Padang

ktnanasional.com – PENAS XVI memang telah usai. Namun euforianya masih terasa hingga kini. Helatan terbesar insan pertanian bangsa yang digelar selama 5 hari berturut-turut diikuti dengan banyaknya agenda pertanian dari seluruh negeri.

Pekan Nasional Tani dan Nelayan ke-16 Tahun 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 10 sampai dengan 15 Juni 2023 di Padang – Sumatera Barat ini mengacu semangat petani milenial yaitu mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor dalam mengaplikasi ilmu yang telah dimiliki khususnya dalam bidang teknologi pertanian.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo selalu memotivasi para petani milenial untuk tetap berinovasi dalam memajukan pertanian.

“Dengan pendidikan vokasi, kami berharap hadir petani milenial yang mampu memberikan inovasi dalam pertanian, karena bagaimana pun, masa depan pertanian berada di pundak generasi milenial,” sebut Syahrul.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.

“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul [job seeker] serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin [job creator],” kata Dedi.

Mahasiswa Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian (TMP) dalam untuk tugas akhirnya berhasil menciptakan sebuah alat yang dapat memberikan perubahan dalam teknologi pertanian.

Greenhouse merupakan bangunan yang bertujuan untuk meminimalkan dampak lingkungan yang ekstrem pada tanaman dan mengatur kondisi lingkungan agar sesuai dengan kebutuhan tanaman di dalamnya. Pertanian dalam greenhouse semakin populer karena meningkatkan produksi tanaman.

Namun, pengaturan lingkungan di dalam greenhouse sulit dan membutuhkan
tenaga kerja yang besar. Oleh karena itu, diperlukan sistem pengendalian otomatis yang dapat mengontrol kondisi lingkungan dengan akurat dan efisien.

Tanaman selada hijau menjadi salah satu tanaman sayuran yang populer dalam pertanian greenhouse. Namun, pertumbuhan tanaman selada hijau sangat dipengaruhi oleh iklim mikro dan nutrisi yang tepat.

Greenhouse yang dilengkapi dengan sistem pengendalian otomatis dapat menghasilkan tanaman yang lebih sehat dan produktif. Kontrol suhu, kelembaban, dan cahaya saja tidak cukup untuk memastikan hasil panen yang optimal.

Penting untuk mengendalikan nutrisi tanaman secara efektif, terutama pada greenhouse yang menggunakan hidroponik sebagai metode bercocok tanam. Greenhouse yang menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) dapat mengatur iklim mikro dan nutrisi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Teknologi IoT ini menggunakan sensor dan microcontroller sebagai pusat pengontrolan untuk memastikan kondisi lingkungan tumbuh tanaman yang optimal.

Dengan adanya sistem tersebut diharapkan sistem tersebut dapat memonitor kondisi iklim mikro seperti suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya serta nutrisi PPM pada tanaman selada hijau di dalam greenhouse secara realtime dan dapat diatur secara otomatis untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman.

“Sistem monitoring iklim mikro. Alat ini masih dalam tahap penyempurnaan dari sisi sistem kendalinya. Tujuannya adalah untuk membuat alat monitoring dan kontrol di greenhouse. Alat ini juga dapat digunakan di lahan terbuka sehingga nanti akan dapat dipantau hasilnya secara real time” Ujar Annisa Nur Ichniarsyah selaku Dosen Prodi TMP.

Implementasi teknologi IoT pada Greenhouse akan memungkinkan penggunaan sensor yang dapat mengukur kondisi lingkungan tumbuh tanaman secara akurat dan memberikan informasi secara real time. Selain itu, dengan teknologi IoT juga diharapkan pengguna dapat mengakses sistem monitor dan kontrol Greenhouse melalui internet dari jarak jauh, sehingga pengendalian dapat dilakukan secara efektif dan efisien. (radarcianjur/dhm)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga