Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

KTNA : Baru Kali Ini Harga Gabah Dinikmati Petani, Siapa Bilang Termahal Dunia?

ktnanasional.com – Kontak Tani Andalan dan Nelayan (KTNA) Nasional menyebutkan petani saat ini di akhir tahun 2022 sumringah karena baru kali ini menikmati harga gabah dan beras yang menguntungkan. Mengacu data BPS, harga gabah kering panen di tingkat petani pada bulan November dibanding Oktober 2022 sebesar Rp 5.397 per kg, naik 0,81%, gabah kering giling Rp 5.785 per kg, turun 1,79% dan untuk harga gabah di luar kualitas Rp 5.021 per kg, naik 3,62%.

“Adapun harga beras medium di penggilingan naik 0,78 persen atau Rp 10.122 per kilogram dan beras premiumnya naik 1,05 persen atau Rp 10.512 per kilogram, selanjutnya beras di luar kualitas Rp 9.542 per kilogram,” demikian dikatakan Ketua Umum KTNA Nasional, M. Yadi Sofyan Noor di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Tentang hal ini, Yadi mengapresiasi upaya pemerintah yang terus menjaga harga gabah/beras yang menguntungkan petani. Harapannya pun harga gabah/beras pada musim panen raya 2023 nanti dapat seperti saat ini.

“Mengapa harga gabah dan beras harus tetap bagus, ya karena selama ini kan harga pupuk naik, pestisida naik, upah juga naik. Bahkan kebutuhan sehari-hari juga pada naik. Jadi wajar harga sekarang gabah ini,” ucapnya.

“Kami mewakili petani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga sekarang ini kami petani memperoleh harga layak. Dulu harga gabah rendah sekali sedangkan biaya produksi sudah naik duluan,” pinta Yadi.

Di sisi lain, Yadi membantah jika dikatakan harga beras Indonesia merupakan termahal di dunia. Faktanya mengacu data globalproductprice.com, harga beras Indonesia itu di rangking jauh di bawah.

“Harga beras di Indonesia itu normal. Jika dibandingkan harga beras dunia, kita itu di urutan atau rangking ke 87 dengan harga USD 0,76 per kilogram. Harga beras paling mahal itu di Prancis, tebus USD 4 lebih. Kemudian disusul Jepang, Amerika Serikat, Rusia dan negara lainnya,” jelasnya.(ND)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga