Kamis, 18 April, 2024

Artikel Terbaru

KTNA Belitung Timur Gelar Rembug Tingkat Kabupaten, Bahas Kesiapan PENAS 2023

ktnanasional.com – BABEL Manggar.  Kontak Tani Nelayan Andalan  (KTNA) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) pada hari Kamis (6/4/2023) menggelar rembug KTNA tingkat Kabupaten Belitung Timur.

Kegiatan ini sebagai wujud peranan KTNA dalam pembangunan pertanian di Indonesia  sekaligus untuk persiapan menghadapi Penas Petani Nelayan XVI Tahun 2023 yang akan dihelat pada 10 – 15 Juni di Padang Sumatera Barat mendatang.

Sesuai pelaksanaannya, rembug KTNA ini merupakan kegiatan rutin kelompok KTNA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang di fasilitasi oleh perangkat daerah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung Tahun Anggaran 2023 melalui alokasi APBD TA 2023 pada Bidang Penyuluhan. Rembug KTNA Provinsi Bangka Belitung dilaksanakan di setiap kabupaten/kota tak terkecuali di Kabupaten Belitung Timur.

Rembug KTNA Belitung Timur yang dipimpin oleh Ketua KTNA Belitung Timur Warsinu, S.P tersebut, bertujuan meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan dan petani-hutan serta masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

“Kita berharap agar KTNA Belitung timur dapat memberikan kontribusi dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam mengikuti PENAS ke XVI di Padang Sumatera Barat,” kata Warsinu.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Makan Fega Belitung Timur tersebut dihadiri oleh Ketua KTNA Provinsi wilayah IV dan menghadirkan peserta rembug sebanyak 30 orang peserta terdiri dari pengurus kelompok tani, penyuluh pertanian dan Pejabat Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Belitung Timur.

Tampak hadir juga para petani milenial dalam rembug tani ini. Dan tentunya bisa mengakomodir para petani muda dalam memajukan sektor pertanian kearah perubahan yang lebih baik ditengah teknologi modern diera digitalisasi ini.

Sementara itu, Dedi Kurniawan selaku sekretaris KTNA Beltim berharap, melalui pertemuan ini dapat menjadi suntikan motivasi bagi pegiat tani di Beltim. Termasuk keberadaan KTNA ini dapat dirasakan oleh para petani dari berbagai pelosok desa di Beltim.

“Pertemuan Rembug KTNA ini bukan hanya formalitas saja namun bisa berkelanjutan untuk menjadikan KTNA Belitung Timur menjadi suatu organisasi yang memberikan dampak positif hingga pelosok desa yang bisa dirasakan oleh pelaku pertanian masyarakat Kabupaten Belitung Timur,” ujar laki-laki yang akrab disapa Dekur. (*)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga