Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

KTNA Dorong Optimalisasi Sektor Peternakan di Kabupaten Indramayu

ktnanasional – JAWA BARAT, INDRAMAYU. Melimpahnya hasil pertanian baik jerami dan rumput di Kabupaten Indramayu yang belum dimafaatkan secara maksimal sebagai sumber bahan pakan ternak khususnya ternak sapi, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu dorong optimalisasi sektor ternak sapi di Kabupaten Indramayu.

Ketua KTNA Kabupaten Indramayu H Sutatang mengatakan sekto peternakan khususnya sapi sangatlah potensial dikembangkan di Kabupaten Indramayu hal itu dilihat dari potensi Kabupaten Indramayu dari sektor pertanian yang banyak terdapat limbah jerami hasil panen yang tidak dimanfaatkan untuk sektor peternakan sapi.

“Sebenarnya Indramayu juga sangat potensial disektor peternakan sapi, kita tahu banyak jerami ditunjang dengan luas lahan pertanian yang sebenarnya banyak terdapat rumput,” ujarnya, Minggu (12/5).

Menurut, dia apabila sektor peternakan di Kabupaten Indramayu mendapat perhatian serius dari dinas instansi terkait di Kabupaten Indramayu, dengan memanfaatkan berbagai pakan yang ada di alam termasuk limbah jerami, Kabupaten Indramayu bisa menjadi sentra peternakan sapi sangat besar dan bisa penyumbang daging nasional.

“Perlu keseriusan ya untuk wujudkan itu semua, ada perlu respon dari instansi terkait sehingga peternak di Kabupaten Indramayu tidak bisa mengembangkan potensi yang ada padahal pakan banyak rumput, jerami  semua melimpah,” ungkap Tatang.

KTNA Kabupaten Indramayu berharap adanya disentralisasi peternak didalam satu kawasan. Namun perlu adanya penanganan penyakit dan vaksin secara maksimal, pengelolaan pakan dengan baik.

“Harus ada disentralisasi, baik hulu dan hilirnya termasuk masalah pemasaran harus terakomodir karena selama ini peternak sapi maupun kambing masih secara mandiri, maka dari itu kami KTNA mendorong dan siap mendukung program dari dinas instansi terkait agar secara maksimal mengembangkan sektor peternakan di Indramayu,” kata Tatang. (admin)

artikel ini telah tayang di radarindramayu.disway.id

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga