Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

KTNA Gelar Jambore Peternak Petani Nelayan di Lebak

ktnanasional.com – BANTEN, LEBAK. Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lebak menggelar Jambore Peternak Petani Nelayan digelar di Alun-alun Rangkasbitung pada 22-24 September 2023.  Kegiatan jambore untuk nelayan dan petani ini adalah pertama kali digelar di Indonesia.

Kegiatan jamboree ini akan diisi oleh pameran dan hasil tani lokal dari 28 kecamatan di Lebak. Di antaranya, beras merah, gula merah, dan rempah-rempah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat menuturkan, kegiatan tersebut mendukung petani serta produk hasil pertanian di Lebak.

“Nanti puncaknya nanti hari Minggu yakni ada apel siaga, dengan para petani terkait dengan ketahanan pangan. Apa sih Jambore itu, jadi bukan hanya kumpul-kumpul saja tetapi kami ingin ada masukan dan dokumen buat kemajuan bagi petani di Lebak,” katanya, Jumat, 22 September 2023.

Kata Rahmat, pihaknya ingin mengajak semua petani untuk bergabung dalam kemajuan pertanian dan mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Lebak.

“Acara ini bukan hanya temu wicara, tetapi ada seminar, pelatihan, peternakan, perikanan jadi ini ada semua. Kami ingin merangkul semua di bidang pertanian dan peternakan,” ujarnya.

Selain itu, jambore akan menghadirkan kerajinan khas Lebak dimulai dari anyaman dan juga kuliner, seperti kerupuk pepaya, kue pandan khas Maja dan lain-lain. Produk tersebut ditampilkan pada masing-masing stan yang merupakan perwakilan dari setiap kecamatan.

Sementara Sekretaris Acara Jambore Ucu Juhroni menuturkan, bukan hanya menggelar hasil produk pertanian, kegiatan tersebut dirangkai dalam beberapa acara. “Yang paling utamanya kita adalah apel siaga ketahanan pangan, yang menghadirkan kurang lebih 4.000 petani dari 28 kecamatan,” tuturnya.

Kata Ucu, ada temu wicara dengan pejabat daerah dan juga seminar-seminar pertanian serta kewirausahaan yang diselenggarakan dalam acara jambore.

“Jadi mudah-mudahan ajang ini menjadi silaturahmi bagi dan bertemunya para petani untuk saling komunikasi dan informasi untuk pengembangan teknologi terutama di bidang pertanian,” pungkasnya. (admin)

Artikel telah tayang di radarbanten.co.id

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga