Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

KTNA Kabupaten Serang Diminta Fokus Tingkatkan Produksi Jagung

ktnanasional.com – BANTEN Serang.  Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Serang untuk fokus dalam meningkatkan produksi jagung. Pasalnya, kebutuhan jagung untuk industri pakan ternak mencapai 2 juta ton per tahun dan sampai saat ini belum terpenuhi.

 

Tatu mengatakan, potensi pertanian di Kabupaten Serang cukup bagus salah satunya adalah peningkatan produksi jagung yang saat ini belum tergarap dengan optimal.

 

“Kita punya tantangan dan punya potensi serta pasar yang sangat luas untuk produk jagung,” ujarnya usai melantik dan mengukuhkan pengurus KTNA masa bakti 2021-2026 di pendopo Bupati Serang, Selasa 14 Februari 2023. Ia menjelaskan, setiap hasil pertanian apapun itu yang paling dibutuhkan adalah pasar, sedangkan untuk di Kabupaten Serang pasar yang sangat besar adalah produk jagung sebanyak 2 juta ton per tahun.

 

“Ini adalah tantangan buat kita semua. Saya sampaikan ke pengurus KTNA dan petani untuk bisa memenuhi permintaan produk jagung ini,” katanya.

 

Tatu mengungkapkan, produksi jagung di Kabupaten Serang sudah ada namun jumlahnya belum banyak sehingga perlu digencarkan lagi agar petani mau bertani jagung.

“Petani kita terbiasa dengan produksi beras padi, kalau untuk beralih ke jagung itu yang penting mereka di yakinkan. Terus juga produksi kedelai yang sedang digencarkan,” tuturnya.

 

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid memastikan bahwa KTNA sudah nyata terbukti dan teruji memberikan kontribusi terhadap peningkatan ketahanan pangan.

 

“Terbukti ketahanan pangan di Banten naik peringkat sebagai kontributor pangan terbesar ke delapan secara nasional. Didukung oleh Kabupaten Serang sebagai salah satu sentra padi terbesar di Banten,” ujarnya.

 

Sementara itu Ketua KTNA Kabupaten Serang Anani Syarif, mengatakan siap menjalankan arahan Bupati Serang. Kabupaten Serang memiliki potensi pertanian yang dapat terus dikembangkan. “Apa yang diarahkan oleh Ibu Bupati, tentu akan kami laksanakan supaya petani dan nelayan Kabupaten Serang dapat sejahtera,” pungkasnya.

Ketua KTNA Provinsi Banten saat menyampaikan sambutan pada pelantikan KTNA kabupaten Serang
Ketua KTNA Provinsi Banten saat menyampaikan sambutan pada pelantikan KTNA kabupaten Serang

Oong Syahroni, Ketua KTNA Provinsi Banten mengaku bersyukur dengan dilantik dan dikukuhkanya Pengurus KTNA Kabupaten Serang. Selanjutnya para pengurus untuk segara bergerak menata struktur organisasi dan bisa memaksimalkan kinerja organisasi kepada seluruh kelompok tani.

 

“KTNA Kabupaten Serang menjadi wadah bagi para petani untuk bisa bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Serang, agar apa yang menjadi harapan dan keinginan bisa tersalurkan dengan baik,” kata Oong. (*)

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga