Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

KTNA Kabupaten Tulungagung Jatim Mengadakan Rembug Paripurna di Auditorium SMKN 1 Tulungagung

ktnanasional.com – JATIM Tulungagung – Kontak Tani Nelayan Andalan yang populer disebut KTNA  menggelar Rembug Paripurna, acara Rembug Paripurna KTNA Kabupaten Tulungagung diselenggarakan di gedung auditorium Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) Negeri 1 Tulungagung, kamis pagi (1/12/2022).

Rembug Paripurna yang digelar dihadiri oleh Bupati Tulungagung yang diwakili oleh Asisten Dua, jajaran OPD terkait, Ketua KTNA Provinsi Jawa Timur yang diwakili Wakil Ketua dan sekertaris KTNA, jajaran pengurus KTNA Tulungagung periode 2015-2020 serta  Muhari Kepala Sekolah  SMKN 1 Tulungagung yang ketempatan untuk acara.

Ketua panitia penyelenggara, Budiono menyampaikan setelah mengalami kepengurusan antar waktu, maka dengan digelarnya Rembug Paripurna ini diharapkan KTNA Tulungagung dengan nahkoda yang baru nantinya akan bisa lebih maju dan mandiri.  Karena pandemik Covid 19 membuat rembug paripurna KTNA Kabupaten Tulungagung menjadi tertunda.

“Kegiatan ini bertujuan melaksanakan Rembug Paripurna dalam rangka Memilih Ketua KTNA, membentuk kepengurusan KTNA dan Menyusun Program kerja KTNA Kabupaten Tulungagung periode 2021-2026”, kata Budiono.

Kunpulan Foto Kegiatan Rembug Paripurna (Jatimaktual.com)

Menurut Bupati Tulungagung dalam sambutannya yang diwakili Endang asisten dua Kabupaten Tulungagung mengatakan, sebagai bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara, KTNA ikut bertanggung-jawab dalam upaya untuk menghapuskan keterbelakangan, kemiskinan dan ketidak adilan, terhadap among tani serta penduduk perkotaan dengan menciptakan kegiatan konkrit yang dilaksanakan secara berencana, bertahap dan berkesinambungan yang disusun dalam suatu program kerja.

“Dukungan yang nyata dari semua pihak dari pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun masyarakat tani selaku pelaku utama dari pihak manapun”, paparnya.

Tantangan dalam pembangunan pertanian secara umum adanya kenyataan bahwa pertanian didominasi skala usaha kecil, lahan yang sempit, modal terbatas dan SDM yang rendah sehingga produktifitas juga rendah.

Beberapa permasalahan petani yang mendasar antara lain terbatasnya pupuk bersubsidi, biaya produksi terlalu tinggi dan harga jual panen masih rendah sehingga keuntungan para petani yang didapat masih sedikit, kondisi kesuburan tanah menurun akibat penggunaan pupuk kimia yang terus-menerus serta kondisi petani yang didominasi oleh petani yang sudah lanjut usia.

Dari permasalahan diatas upaya pemecahan yang harus kita lakukan diantaranya : Menyediakan pupuk alternatif, memberi dorongan untuk selalu berupaya meningkatakan hasil produksi yang lebih baik dan mengembalikan kesuburan tanah dengan cara memberikan pupuk organik.

“KTNA mempunyai peranan penting dalam hal penyampaian infornasi, percepatan inovasi tehnologi serta pendampingan berbagai program pemerintah dilapangan.” Pungkasnya.

Peserta Rembug Paripurna KTNA Tulungagung untuk periode masa bakti 2021-2026

Salah satu keputusan penting dalam Rembug Paripurna KTNA kabupaten Tulungagung  adalah pemilihan ketua, dan secara aklamasi terpilih Ir. H. Tatang S sebagai ketua KTNA kabupaten Tulungagung periode 2021- 2026. Selanjutnya tim formatur yang diketuai oleh ketua terpilih akan Menyusun struktur kepengurusan. (admin)

Reporter Slamet Riyadi, kamis 1 Desember 2022

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga