Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

KTNA Kota Denpasar Pamer Produk di Kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan Provinsi Bali Ke-27

ktnanasional – BALI, GIANYAR. Kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Bali ke-27 resmi mulai digelar di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Kegiatan itu diresmikan langsung oleh PJ Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya pada Senin (23/5/2024).
Dalam kesempatan itu, Mahendra Jaya menjelaskan, kegiatan ini menjadi sarana penting untuk bertukar pikiran, informasi dan ide di antara para petani dan juga nelayan. “Ini adalah sarana untuk saling bertukar informasi,” katanya usai membuka kegiatan.

Selain itu, event ini juga menjadi kesempatan bagi para petani dan nelayan untuk memamerkan produk-produknya. “Sekaligus menampilkan produk-produk yang ada. Kalau kita lihat tadi, produk-produk kita sangat luar biasa, begitu beraneka,” ujarnya.

Kegiatan ini melibatkan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dari seluruh kabupaten kota di Bali. Salah satunya KTNA kota Denpasar.

I Wayan Mertajiwa Selaku Ketua KTNA Kota Denpasar menjelaskan, kelompok yang tergabung di KTNA Denpasar sebanyak kurang lebih 50.

“Di dalamnya ada beberapa jenis dari pertanian, perikanan, peternakan dan lain-lain. Sampai ke kelompok UMKM, khusus pengolahan dan pemasaran bidang pertanian.

Baik itu bahan karbohidrat atau beras termasuk lauknya, ikannya. Itu yang dikelola oleh UMKM,” katanya ditemui di stand pameran KTNA Kota Denpasar pada kegiatan itu.

Dikatakannya bahwa produk-produk UMKM dsri KTNA Kota Denpasar juga sudah merambah di pasar.

Sementara itu, UMKM dari KTNA Denpasar yang terlibat dalam pameran Kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Bali ke XXVII merupakan kelompok UMKM yang sudah sering terlibat di pameran atau festival di kota Denpasar. Entah itu pameran yang digelar oleh Kota Denpasar maupun Provinsi Bali.

“UMKM dan produk yang terlibat dalam kegiatan ini juga nantinya akan dilombakan.

Untuk lomba yang dinilai sekarang itu adalah lomba kemampuan, seperti unjuk tangkas, keterampilan, lalu ada asah terampil, lalu karya wirausaha dimana usaha yang sudah terjual kemudian ada juga temu karya itu dilombakan. Pameran ini sendiri juga dilombakan, termasuk isi di dalamnya itu nanti dinilai oleh panitia Provinsi,” sambungnyam

KTNA Denpasar sendiri sangat berperan aktif bersama ekosistem pangan mulai tingkat subak, banjar desa dan kecamatan untuk berkontribusi bagi ketahanan pangan. “Bersama kita menjaga subak, lahan produktif pertanian untuk menjaga ketersediaan pangan berkelanjutan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, I Wayan Putra Sarjana Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar mengatakan bahwa pada intinya pemerintah kota Denpasar memberi suport dan anggaran terhadap KTNA Kota Denpasar.

“Kami pada intinya memberi suport dari pembinaan termasuk anggaran. Kami mengakomodir, KTNA ini di bawah kami,” pungkasnya. (admin)

artikel ini telah tayang di radarbali.jawapos.com

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga