Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

KTNA Provinsi Bangka Belitung, kerjasama Pelatihan Penyuluh dan petani di BPP Mendo Barat

ktnanasioan.com-Pelatihan Penyuluh dan Petani Tahun 2022, salah satu bentuk Sinergi antara KTNA Provinsi Bangka Belitung dan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Mendo Barat. Kegiatan nya sendiri dilaksanakan pada tanggal 15 November 2022.

Kementerian Pertanian RI Cq. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian(BPPSDMP) melalui Dana Alokasi khusus Kementerian Pertanian telah memfasilitasi kegiatan Pelatihan Tematik Penyuluh dan Petani Tahun 2022 dengan Tema Budidaya Bawang Merah. BPP Mendo Barat sebagai KOSTRATANI dan pelaksana kegiatan.

Hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka yg diwakili oleh Kasi Tanaman Pangan dan Hortikultura Ibu Santi Mariana, SP. M.Si, Ketua KTNA Bangka Belitung yg diwakili oleh Kabid Pemuda Tani Millenial Edi Subiantoro, PPL se Kecamatan Mendo Barat dan Petani yg tergabung dalam Gapoktan se Kecamatan Mendo Barat.
Dalam kata sambutan saat pembukaan, Dinpanpertan Kab.Bangka mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian yg telah memfasilitasi kegiatan pelatihan tatap muka ini setelah beberapa tahun kebelakang ditiadakan karena adanya Pandemi Covid 19. Dinas berharap agar nantinya peserta yg mengikuti pelatihan bisa menyerap ilmu dan bisa mempraktekkan di desa masing masing. Apalagi Bawang merah merupakan termasuk komoditi yg baru bagi petani di Kabupaten Bangka.

Sebagai pelaksana kegiatan BPP Mendo Barat, melalui Koordinator BPP M.Zulhamzah, S.TP. Mengatakan bahwa kegiatan ini dapat terselenggara berkat adanya Dana Alokasi Khusus dari Kementerian Pertanian. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan penyampaian materi di aula BPP dan praktek Penyemaian dilahan samping BPP. Sebagai Narasumber Kasi TPH DinPanPertan Kabupaten Bangka Santi Mariana, SP.M.Si dan POPT Yurianti,SP. Peserta kegiatan terdiri dari unsur Petani dan Penyuluh di Kecamatan Mendo Barat. Sebagai bahan praktek menggunakan benih Bawang merah varietas Maserati dan Lokananta.

KTNA Bangka Belitung melalui Kabid Pemuda Tani Millenial Edi Subiantoro, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Pelatihan ini. Ini menjadi awal terjalinnya sinergitas antara Dinas, BPP dan KTNA. Kedepan diharapkan Pelatihan tatap muka bisa terus dilaksanakan dan kalau bisa volumenya ditambah. Dan kedepan diharapkan agar Pengurus KTNA bisa diundang sebagai Narasumber. karena di KTNA banyak juga ahli di bidang Pertanian apalagi dengan sudah terbentuknya Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia PPPSI Bangka Belitung yang notabene merupakan bagian dari KTNA.
(By: Diantoro KTNA Babel)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga