Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

KTNA ROKAN HILIR NARASUMBER ROKORNIS NASIONAL

ktnanasional – SUMATERA SELATAN, PALEMBANG. Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Dewanthi menyampaikan materi saat menghadiri Rapat Koordinasi teknis pengendalian perubahan iklim regional wilayah Sumatera di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (30/1/2024).

Rapat Koordinasi teknis tersebut mengangkat tema Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Pencapaian Target Nationally Determined Contributions (NDC) Melalui Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Tingkat Tapak, yang diharapkan dapat lebih memperkuat kolaborasi Pemerintah, masyarakat, akademisi dan swasta dalam implementasi aksi iklim di tingkat tapak khususnya di Pulau Sumatera.

Salah satu narasumber rapat tersebut adalah Alkahfi Sutikno,M.Pd Wakil Ketua Perkumpulan Penyuluh pertanian Swadaya Indonesia Riau juga ketua KTNA Kabupaten Rokan Hilir Riau sebagai Praktisi ProKlim di Riau.

Alkahfi Sutikno memberikan jurus jitu capaian 20.000 ProKlim di tingkat tapak. Intinya untuk mencapai target 20.000 ProKlim di Indonesia perlu adanya Kolaborasi antar Lembaga juga komunitas.

Seperti kerjasama antar OPD, DUDI, Perguruan tinggi, Lembaga Pendidikan (Sekolah Adiwiyata serta Gugus Depan Pramuka) Kemudian perlu juga adanya zonasi wilayah (antar pulau) untuk penilaian rekam jejak aksi yang dilakukan oleh masyarakat.

Melalui sekolah dan Pramuka akan menciptakan kader-kader yang peduli terhadap lingkungan. Sedangkan melalui Perguruan tinggi bisa dimasukkan ke dalam Program KKN Tematik.

Tak kalah pentingnya melalui Lemba petani seperti Gapoktan, Poktan dan Kelompok Wanita Tani, dengan program budidaya tanaman sehat, program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). SEBAB ProKlim itu isinya 60% adalah pertanian yang ramah lingkungan dan berbasis desa. Paparan Alkahfi sebagai narasumber (sak)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga