Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

KTNA Tapos Dilantik, Mahfudz Abdurrahman Minta Pemkot Depok Perluas Akses Pemasaran

ktnanasional – DEPOK. Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Depok, Yoyo Efendi secara resmi melantik ketua dan pengurus KTNA Kecamatan Tapos periode 2023-2028.

Dalam sambutannya Yoyo berharap, para petani di Kota Depok semakin meningkat kesejahteraannya, meskipun hal tersebut tidak mudah.

“Tapi dengan kecerdasan, inovasi dan teknologi semua itu pasti bisa. Mari sama-sama bekerja dengan ikhlas agar organisasi KTNA betul-betul bisa memberikan manfaat, baik untuk keluarga, petani dan umumnya masyarakat Kota Depok,” ujar Yoyo usai melantik ketua dan pengurus KTNA Kecamatan Tapos, kemarin.

Sementara itu, Anggota DPR RI, Mahfudz Abdurrahman yang mendukung penuh acara tersebut tak lupa turut mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan.

“Tentu kami mendukung eksistensi KTNA agar mampu menjadi mitra pemerintah dan semakin dirasakan perannya, terutama dalam memberdayakan petani khususnya di wilayah Depok,” ungkapnya.

Anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil Depok-Bekasi itu berharap agar pemerintah daerah juga terus memberikan support dan akases bagi kelompok tani untuk memasarkan produknya.

“Tidak hanya di pasar lokal saja, namun juga bantu akses untuk pasar internasional,” paparnya.

Lebih lanjut Mahfudz mengatakan, KTNA juga bisa menjadi penggerak program pertanian perkotaan (urban farming) untuk membantu ketersediaan bahan pangan dalam skala rumah tangga.

Camat Tapos, Abdul Mutholib yang diwakili oleh Ksie Kemas Kecamatan Tapos, Hidayat berharap, para petani di Kecamatan Tapos terus eksis mengembangkan pertanian khususnya di lahan tidur.

“Di Tapos ini para petani memang banyak menggunakan lahan garapan milik perusahaan yang sudah puluhan tahun tidak dimanfaatkan. Kami berharap lahan tidur ini bisa dimanfaatkan untuk pertanian,” tandasnya.

Ia juga berharap, pengurus KTNA yang baru lebih meningkatkan silaturahmi, baik di internal maupun pemerintah.

“Karena pemerintah saat ini sangat intens terhadap ketahanan pangan dalam rangka meningkatkan perekonomian serta taraf hidup Masyarakat,” katanya.

Ketua KTNA Kecamatan Tapos, Harjito mengaku telah memiliki beberapa program kerja yang tertuang dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Untuk jangka pendek kami akan melakukan pendataan terhadap keberadaan kelompok tani di wilayah kami, karena kelompok tani di wilayah kami ini beragam mulai dari kelompok ikan, tani, hingga KWT,” jelasnya.

Untuk jangka menengah, dirinya akan membentuk kelompok-kelompok baru sesuai dengan program.

“Untuk jangka panjang kami akan gelontorkan program ketahanan pangan yang akan dikembangkan pertanian modern dan terintegrasi. Jadi para petani bukan hanya menanam tapi juga harus beternak, agar ada perputaran nilai ekonomi di dalamnya,” terangnya.

Pelantikan ketua dan pengurus KTNA yang digelar di Perkebunan Tabulatung, dihadiri pula para lurah dan sekel se Kecamatan Tapos. (admin)

artikel ini telah tayang di jurnaldepok.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga