Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Kunjungi Dinas Perikanan, KTNA Kota Samarinda Sampaikan Rencana Kerja

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, SAMARINDA. Untuk memajukan dunia perikanan di Kota Samarinda, pada hari Senin (29/04/2024) Pengurus KTNA Kota Samarinda melakukan silaturrahmi dengan Dinas Perikanan Kota Samarinda.

Dikesempatan tersebut Adung KS Utomo Ketua KTNA Kota Samarinda didampingi Badri Wakil Ketua 1, Mardawia dan Musyda Hadaitullah dari unsur Wakil Sekretaris.

Dalam Pengantarnya Adung mengucapkan terima kasih atas kesediaan Kepala Dinas Perikanan menerima pengurus KTNA Kota Samarinda untuk bersilaturahmi dalam rangka penguatan antar kelembagaan pertanian Perikanan.

“Banyak kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KTNA Kota Samarinda Pak, Dalam waktu dekat bulan Juni nanti kita akan melaksanakan Pra-PEDA di Kecamatan sambutan kemudian persiapan untuk kegiatan KTNA EXPO di Bali pada bulan Juli tahun ini” jelas Adung.

Selain hal tersebut Adung juga menyampaikan tentang persiapan-persiapan yang dilakukan untuk pelaksanaan PEDA di Kutai Barat pada tahun 2025 dan persiapan PENAS di tahun 2026 di kota Gorontalo.

Ketua KTNA Kota mengharapkan kepada Dinas Perikanan melalui penyuluh perikanan agar mengarahkan teman-teman binaan Dinas Perikanan di POKDAKAN maupun perorangan yang memiliki potensi untuk diikutkan di dalam kegiatan Pra-PEDA, PEDA maupun PENAS.

“Kami harap POKDAKAN agar didorong untuk ikut aktif dalam setiap kegiatan di ktna, karena  kami (KTNA) sudah membuat satu panduan bahwa untuk pemilihan delegasi delegasi yang akan dikirim pada kegiatan PEDA maupun PENAS akan melalui penilaian-penilaian di mana anggota atau peserta yang dikirim adalah mereka yang aktif dan terdaftar di kelompok KTNA Kota Samarinda per Kecamatan masing-masing” Kata Adung.

Dalam pengembangan Perikanan di Kota Samarinda Adung juga menyampaikan rencana bersama kelompok pembudidaya ikan yang ada di bawah naungan KTNA Kota diantaranya pengembangan budidaya ikan air tawar yang terfokus di area trek dayung Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara.

Mendapat kunjungan tersebut Achmad Fauzi Irawan Kepala Dinas Perikanan Kota Samarinda didampingi  oleh Hj. Ratnawati Kabid Perikanan Tangkap, Yonathan Kabid Perikanan Budidaya dan Budiarta Sentosa Staf Analis Akuakultur.

Fauzi menyambut positif atas inisiasi dari KTNA kota untuk bersilaturahmi dan bersinergi dan beliau berharap bahwa ini bukan menjadi pertemuan yang terakhir tapi ini adalah awal dari sebuah kerjasama untuk sama-sama membangun pertumbuhan ekonomi Kota Samarinda dan pengembangan budidaya ikan air tawar maupun pembinaan terhadap nelayan tangkap yang ada di wilayah kota samarinda.

“Kami berharap bahwa sinergi antara KTNA dan Dinas Perikanan melalui Kepala Bidang dan penyuluh yang ada, terus berkomunikasi sehingga informasi apapun tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KTNA Dinas Perikanan juga bisa terlibat. termasuk persiapan untuk kegiatan Pra-PEDA di bulan Juni”Kata Fauzi

Fauzi berharap bahwa Dinas Perikanan bisa ambil bagian minimal ikut serta dari petani-petani atau pembudidaya ikan yang ada di bawah Dinas Perikanan untuk ikut ambil bagian dan terlibat dalam kegiatan prapeda tersebut.

Selanjutnya Fauzi mengapresiasi atas rencana-rencana yang sudah disusun oleh KTNA dang mengarahkan unsur kepala bidang dan penyuluh perikanan yang ada di wilayah kota Samarinda bisa mensupport dan mengarahkan para pembudidaya ikan binaan untuk ikut aktif di dalam kegiatan ktna agar nantinya mereka juga bisa mengirimkan orang-orang tersebut dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh KTNA.

Dikesempatan tersebut juga Fauzi menyoroti semakin menurunnya minat generasi muda untuk ambil bagian di dunia pertanian dalam arti luas dan juga di Perikanan beliau berharap dengan adanya kegiatan Pra-PEDA, PEDA dan PENAS bisa menjadi pemicu semangat bagi anak-anak muda untuk berkreasi.

“Kegiatan tersebut bisa menjadi media untuk transfer ilmu dan bisa membawa kemajuan dengan teknologi-teknologi yang terbarukan, itu bisa menjadi penyemangat anak-anak untuk bertani atau membudidayakan ikan”pungkas Fauzi.

Menanggapi pengembangan budidaya ikan air tawar di trek dayung lempake Yonatan menyampaikan bahwa untuk kegiatan tersebut akan diarahkan pada budidaya ikan endemik Kota Samarinda atau Kalimantan seperti ikan Haruan atau Gabus (Channa striata) kemudian ikan Papuyu atau Betok (Anabas testudineus) dan sebagainya karena ini adalah merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh dinas Perikanan kota Samarinda.

Di akhir kesempatan ketua kpna kota menyerahkan satu berkas berisi susunan kepengurusan KTN Kota Samarinda periode 2023-2028, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KTNA serta program kerja KTNA Kota Samarinda untuk masa bakti 5 tahun kedepan. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga