Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Kunjungi KOREM 091 Aji Suryanata Kesuma, KTNA dan KOREM Siap Wujudkan Ketahanan Pangan Di Kota Samarinda

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, SAMARINDA. Dalam rangka menyamakan dan menyelaraskan langkah gunu mewujudkan ketahanan pangan bagi bangsa Indonesia, sebagaimana yang telah dicanangkan kementrian pertahanan. Ketua KTNA Kota Samarinda Adung KS Utomo melakukan silaturrahmi ke Komando Resort Militer (KOREM) 091 Aji Suryanata Kesuma Samarinda.

Bersama Yusuf Arif Setyawan Sekretaris KTNA Kota Samarinda, Hadi Saputra Wakil Bendahara 1 dan Ria Kartika Wakil Ketua 4 Bidang Pemberdayaan Wanita & Olahan Hasil, rombongan KTNA Kota Samarinda disambut oleh Danrem 091 Aji Suryanata Kesuma Brigjend Yudhi Prasetyo bersama Mayor Waluyo Pasi Renprogar dan Mayor Agus Atmaja Pasi Bhakti TNI.

Dalam kesempatan tersebut Adung menyampaikan bahwa  saat ini diwilayah Kota Samarinda ada 5 pengurus KTNA Kecamatan yang telah melakukan Rembug Paripurna dan rencana kedepan setiap KTNA Kecamatan memiliki komoditi-komoditi unggulan.

Rencana untuk menjadikan setiap kecamatan memiliki di 1 komoditi unggulan disambut baik oleh danrem dan Yudhi Prasetyo menyatakan siap untuk mendukung rencana tersebut, Sehingga setiap Kecamatan terbentuk sentra-sentra pertanian. Contohnya seperti di Samarinda Utara tepatnya di Kelurahan Lempake bisa menjadi sentra ternak kambing dan sapi dan warga samarinda bisa dengan mudah jika mencari kebutuhan akan sapi dan kambing ke daerah tersebut.

Guna penguatan kelembagaan KTNA Samarinda dan Korem 091 Aji Suryanata Kesuma akan membuat kerjasama tertulis dalam hal pengembangan potensi wilayah di Kota Samarinda, selain itu juga dalam pertemuan tersebut dibahas rencana kerja KTNA Samarinda siap melakukan pendampingan ketahanan pangan atau swasembada kebutuhan Rumah tangga seperti contoh di lingkungan perumahan tantara KTNA siap mendampingi ibu-ibu Persit untuk menanam kebutuhan Rumah tangga seperti cabe, tomat terong dan lainnya.

Dalam langkah skala yang lebih besar KTNA dan Danrem akan melakukan pengembangan budi daya ternak domba, kambing dan sapi di Samarinda Utara. Yudhi Prasetyo menyampaikan jika memungkinkan lahan pasca tambang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan peternakan.

Danrem berharap kedepan Korem dan KTNA bisa mebuat event pasar tani atau expo yang menampilkan produk hasil pertanian dalam arti luas sehingga masyarakat mendapatkan  edukasi dan informasi produk pertanian kota samarinda.

Yudi Prasetyo sangat mengapresiasi terhadap langkah-langkah yang diambil oleh KTNA Samarinda, dan siap untuk memberikan dukungan untuk program-program ketahanan pangan di Kota Samarinda sebagai penyangga IKN. (aku/admin)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga