Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

KWT Srikandi NK Berperan Besar Menjaga Ekonomi Keluarga

ktnanasional – JAWA TENGAH, KLATEN. Kiprah para perempuan yang memajukan pertanian melalui Kelompok Wanita Tani (KWT ) Srikandi NK, membuktikan bahwa kaum perempuan mempunyai peran besar dalam menjaga ketahanan ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Hal itu dikemukakan Bupati Klaten Sri Mulyani, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Widiyanti, pada acara Expo Srikandi NK Syngenta Indonesia, di areal perkebunan jagung Desa Tangkisan Pos, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Sabtu (20/4/2024).

Bupati menjelaskan, memajukan sektor pertanian untuk kesejahteraan petani bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga tanggung jawab dunia usaha. “Saya mengapresiasi pembinaan yang dilakukan PT Syngenta Indonesia kepada kelompok wanita tani yang tergabung dalam KWT Srikandi NK. Dalam melakukan usahanya baik budidaya pertanian tanaman jagung dan memproduksi aneka olahan makanan berbahan baku jagung serta produksi kerajinan lainya,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengemukakan, para perempuan yang memajukan pertanian melalui KWT Srikandi NK, membuktikan bahwa kaum perempuan mempunyai peran besar dalam menjaga ketahanan ekonomi keluarga untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga.

“Kiprah wanita Kabupaten Klaten dan kabupaten-kabupaten lainya dalam memajukan pertanian melalui KWT Srikandi NK semoga menjadi contoh kekinian emansipasi wanita yang dipelopori RA Kartini,” tambah Bupati.

Bupati berharap KWT Srikandi NK terus menjadi motor penggerak pertanian khususnya tanaman jagung, sehingga produksi jagung dan makanan olahan berbahan dasar jagung dapat terus berkembang sebagai pendamping bahan makanan pokok lainnya khususnya beras.

“Kepada PT Syngenta sebagai produsen bibit jagung unggul semoga bisa terus mendampingi KWT Srikandi NK dalam melakukan usaha sektor pertanian khususnya jagung dan kerajinan lainnya,” kata Bupati pula.

Teguh Arif Wicaksono, Regional Sales Manager PT Syngenta Indonesia wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat, mengemukakan, PT Syngenta Indonesia menggelar acara silaturahmi sekaligus memperingati Hari Kartini. Melibatkan komunitas KWT Srikandi NK yang telah dibentuk sejak tahun 2022.

“KWT Srikandi NK ini kita bentuk tahun 2022 dan hari ini kita kumpulkan di sini, di Syngenta Learning Center Jogonalan untuk bersama-sama memperingati Hari Kartini,” kata Teguh Arif Wicaksono.

Dalam kesempatan tersebut juga dipamerkan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh para KWT Srikandi NK dari Klaten, Blora, pati, . Antara lain produk olahan dari jagung berupa marning dan lemet jagung. Juga ada produk lain seperti rujak asinan, timu, cabai, hingga hasil kerajinan berupa keset. (admin)

artikel ini telah tayang di krjogja.com

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga