Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Lahan Pertanian Kekeringan, Petani Tomat di Banyuasin Merugi, Tanaman Siap Panen Mati

ktnanasional.com – SUMATERA SELATAN, BANYU ASIN. Lahan pertanian kekeringan, petani tomat di Kabupaten Banyuasin Sumsel merugi lantaran tanaman siap panen mati tak bisa diselamatkan.

Dari pantauan Tribunsumsel.com di Talang Buluh dan Tanjung Sari Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, sejumlah petani mengaku pasrah dengan kondisi yang terjadi saat ini. Terlebih, kemarau yang terjadi membuat mereka tak bisa untuk selalu melakukan penyiraman.

“Rugi sudah pasti, karena tomat yang sudah siap panen mati. Kendalanya, air sudah tidak ada lagi untuk menyiram. Mau beli, harus keluarkan uang, sedangkan dari awal mulai dari tanam hingga menunggu panen sudah banyak pengeluaran,” ujar petani tomat, Idi, Senin (2/10/2023).

Karena tak disiram, pohon tomat yang sudah berbuah dan beberapa minggu lagi siap dipanen tak dapat bertahan. Pohon tomat mulai banyak yang mengering, begitu pula dengan buah tomat yang juga ikut layu.

Mengeringnya pohon tomat, bukan tak membuat rasa kekecewaan Idi. Karena, sebelum menanam berharap bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi, dengan kondisi yang terjadi saat ini membuatnya memilih untuk pasrah dan harus mengalami kerugian.

“Harga tomat sekarang Rp 5.000 perkilogram, kalau setiap hari harus beli air untuk menyiram, tambah rugi. Jadi terpaksa dibiarkan saja, dan hanya diambil mana yang bisa dijual ya dijual walaupun. harganya murah,” pungkasnya.

Tak jauh berbeda juga diungkapkan Nur, petani cabai di Desa Talang Buluh. Ia mengaku, menyerah dengan kondisi seperti ini, karena tanah kering dan membuat pohon cabai layu dan mati.

“Kesulitannya air, karena stok air di sumur sudah kering. Karena, kalau kondisi panas seperti ini harus sering disiram. Tetapi, stok air saja habis mana bisa menyiram,” ungkapnya.

Terpaksa, Nur juga memilih untuk tidak menyiram tanamannya dan dibiarkan begitu saja. Ia hanya memanem cabai yang memang bisa dipanen untuk dijual meski harga jauh lebih murah karena kualitas cabai kurang bagus. (admin)

artikel telah tayang di tribunsumsel.com

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga