Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Lembur Agriculture Youth Community di Manggarai Timur Bikin Pelatihan Pupuk Organik

ktnanasional – FLORES. Lembur Agriculture Youth Community yang berbasis di Desa Lembur, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur menyelenggarakan pelatihan pembuatan pupuk organik memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar pekarangan rumah, Rabu 10 April 2024.

Marko Ghaluz, anggota Lembur Agriculture Youth Community kepada TRIBUNFLORES.COM, Kamis 11 April 2024, menerangkan, komunitas ini dibentuk karena kepedulian anak muda terhadap pertanian yang ada di Desa Lembur.

“Dari hasil diskusi, kami mencanangkan beberapa program yang juga menjadi rekomendasi dari beberapa masalah pertanian yang ada di Desa Lembur. Program tersebut diantaranya pemanfaatan pekarangan rumah sebagai kebun nutrisi keluarga. P3S, sambung samping, sambung pucuk, perangkap semut hitam dan sarungnisasi pada tanaman kakao dan menanam kembali pangan lokal dengan metode tumpang sari sesuai tradisi nenek moyang,” terangnya.

Virgi Putra anggota kelompok lainya juga menambahkan, pupuk yang dibuat hari itu akan diaplikasikan pada beberapa tanaman perkebunan seperti vanili dan kakao sebagai upaya intensifikasi pada tanaman tersebut.

“Kegiatan kemarin itu menyasar pada beberapa petani yang ada di kampung Kapu Desa Lembur. Kegiatan berikut akan dilaksanakan di hari Jumat, 12 Apri 2024 dengan agenda P3S dan pembuatan perangkap semut hitam sebagai alternatif pengendalian secara hayati pada tanaman kakao,” terangnya. (admin)

Artikel ini telah tayang di Tribunflores.com

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga