Sabtu, 20 April, 2024

Artikel Terbaru

Lepas Kontingen KTNA ke Padang, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Petik Ilmu untuk Kemajuan Kabupaten Paser

ktnanasional.com – KALTIM Paser.  Pemerintah Kabupaten Paser, secara resmi melepas 48 anggota Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), mengikuti ajang Pekan Nasional Tani dan Nelayan Ke-XVI, pada 10-15 Juni 2023 yang dipusatkan di Lanud Sutan Syahrir, Padang Sumatera Barat.

Acara pelepasan dipimpin langsung oleh Bupati Paser dr Fahmi Fadli dan turut dihadiri Asisten Admistrasi Umum, Murhariyanto, S.Sos, dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Dr. Erwan Wahyudi, S.P.,M.Si ” Kami menyambut gembira adanya Pekan Nasional KTNA ini, karena ini adalah kesempatan bagi saudara-saudari (Petani, nelayan) untuk menunjukan kemampuan sebagai kontak tani nelayan andalan Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Paser,” , Senin (5/6/2023).

Ia menjelaskan, di samping ajang perlombaan Pekan Nasional KTNA merupakan forum pertemuan para KTNA dari seluruh perwakilan provinsi di Indonesia, sebagai media konsolidasi, komunikasi, dan informasi kontak tani dengan pemerintah dan seluruh stakeholder atau pelaku usaha.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan para peserta bisa saling berbagi informasi, teknologi, dan fasilitasi kemitraan di jejaring agribisnis, serta dalam kegiatan ekonomi dan kemitraan usaha.

Mengingat pentingnya Pekan Nasional KTNA ini, ia pun meminta pada seluruh peserta kontingen Kabupaten Paser agar bersungguh-sungguh dalam mengikut seluruh rangkaian kegiatan.

“Sehingga apa yang diperoleh dalam kegiatan itu, baik pengetahuan maupun keterampilan dan lain-lain, dapat meningkatkan percepatan pembangunan pertanian dalam arti luas di Kabupaten Paser. Dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan,” beber dr Fahmi Fadli. Bupati Paser.

Senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Dr. Erwan Wahyudi, S.P.,M.Si yang meminta para kontingen KTNA Kabupaten Paser, agar bisa menggali informasi maupun teknologi terkini seputar pertanian, Perikanan dan nelayan agar bisa dibagikan dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan para Petani, nelayan di Kabupaten Paser.

Sementara itu sambutan dari Ketua KTNA kab. Paser Ngatno,SP menyampaikan sekilas tentang kelompok KTNA Apa itu KTNA peran dan tanggungjawab selaku KTNA. Penas merupakan wahana para petani nelayan untuk membangkitkan semangat tanggungjawab dan melakukan konsolidasi organisasi dalam rangka meningkatkan peran serta dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis, kata Ngatno, SP.

“Perwakilan Kabupaten Paser mengikuti perlombaan mewakili kaltim ada 4 Orang terutama Lomba Alat Peraga yaitu Apem Pijag, Alat Pemipil Jagung 2 orang dan Unjuk Tangkas Sambung Pucuk  2 Orang, agar lebih optimal mengikuti lomba. Harapan kita Bersama pewakilan Kalimantan Timur menjadi Juara Umum,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Kontingen KTNA, Sugiyarto mengaku bangga terpilih mewakili Kaltim dalam ajang nasional ini.

Pertani asal Kecamatan Kuaro ini pun mengaku telah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari dengan harapan bisa mempertahankan posisi juara 1 dalam perlombaan alat Peraga.

“Jelas kami bangga mewakili Kabupaten Paser, Provinsi Kaltim ke jenjang nasional. Meski pun tahun ini tantangan kami lebih berat. Maka dari itu persiapan sudah kami lakukan sejak KTNA tahun lalu,” ucapnya.

Sugiyarto pun berharap doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Paser dan Provinsi Kalimantan Timur agar perjuangan ke jenjang nasional bisa membuahkan hasil terbaik sesuai harapan. (*)

Humas Kabupaten Paser

 

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga