Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Luar Biasa Insentif Penyuluh Swadaya

ktnanasional.com – Kalbar.  Petani yang maju dan dengan kesadaran sendiri untuk menjadi penyuluh pertanian, di era kekinian disebut Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS). Dewasa ini, tercatat lebih kurang 29.397 orang (data jumlah PPS tahun 2020) ini artinya lebih kurang 43 % Penyuluh Pertanian yang terdata di Kementerian Pertanian RI adalah Penyuluh Pertanian Swadaya. Dengan adanya Sensus Pertanian 2023 kita berharap ada pembaharuan data  jumlah  Penyuluh Pertanian Swadaya di Indonesia.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Penyuluhan Pertanian merupakan suatu usaha atau upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya.

Ada berbagai cara untuk melakukan penyuluhan, berbagai media biisa dipakai untuk menyampaikan pesan. Saat ini banyak pilihan yang bisa diambil untuk melakukan penyuluhan, salah satunya melalui kanal YouTube.

Joko Wiryanto seorang Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) juga mempergunakan kanal YouTube untuk menyampaikan materi penyuluhannya. Yang selama ini “hanya” memakai metode pertemuan off line, ketemu langsung tatap muka, kunjungan dan praktek lapangan mulai memakai kanal YouTube. Joko berharap akan lebih banyak orang yang bisa menerima pesan yang ia sampaikan.

Sebagai ketua Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia (PPPSI) provinsi Kalimantan Barat, Joko tidak hanya berteori tapi langsung terjun dan memberi contoh kepada rekan rekan Penyuluh Swadaya untuk lebih terbuka dalam menggunakan platform media untuk menyampaikan materi menyuluhan.

Joko Wiryanto yang dikalangan rekan rekan Penyuluh Pertanian Swadaya biasa di panggil Profesor Gambut itu, menyampaikan pesan sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya Bekerjalah karena lilahi ta’ala karena mengharap ridho dari Allah semata. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga