Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Majukan Sektor Pertanian Distanak Berau Konsisten Beri Bantuan Alsintan ke Petani

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR,TANJUNG REDEB. – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Berau terus menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada para kelompok tani.

Kepala Distanak Berau, Junaidi mengatakan, pihaknya terus konsisten memberikan beberapa bantuan alsintan kepada para petani yang ada di Bumi Batiwkakal – sebutan Kabupaten Berau ini.

“Sudah banyak bantuan yang kita berikan sebagai wujud dukungan kepada para petani di Kabupaten Berau,” ujarnya kepada Berau Post Kamis (4/1).

Dengan sejumlah alat yang telah diberikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tersebut, maka menurutnya bisa mempermudah petani dalam proses panen.

Salah satunya bantuan mesin Combine Havester atau pemanen kombinasi. Di mana dulunya panen masih dengan cara manual seperti mengarit, kini sudah bisa memakai mesin.

“Jadi dengan alat panen yang sudah kami berikan itu juga dapat mempercepat panen para petani. Karena, dengan menggunakan alat tersebut satu hektare sawah bisa dipanen dengan waktu dua sampai tiga jam saja,” ungkapnya.

Belum lama ini alat Combine Havester dari APBN sudah diserahkan di Kampung Buyung-Buyung dan Kampung Semurut Kecamatan Tabalar. “Untuk kampung lain juga sudah ada alat pertanian yang kami bantu, tetapi untuk Combine Havester baru dua kampung yang sudah direalisasikan,” imbuhnya.

Pihaknya juga sudah memprogramkan terkait dengan mesin pengering. Dengan adanya mesin pengering itu nantinya hasil panen para petani bisa langsung untuk digiling dengan cepat.

“Hal ini juga adalah anjuran Bupati Sri Juniarsih, agar kualitas beras di Berau bagus. Karena selama ini hasil panen para petani dikeringkan dengan cara manual, jika musim penghujan maka prosesnya akan lebih lama lagi sehingga kualitasnya menurun,” jelasnya.

Pihaknya juga terus memberikan bantuan kepada para petani, mulai dari awal hingga proses penggilingan padi. “Karena kamj ingin kualitas beras di Berau juga baik, maka dari itu kita terus mendukung para petani dengan memberikan alatalat yang bisa mempermudah dan mempercepat prosesnya,” tandasnya. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga