Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Mantan Gubernur Kaltim Isran Noor Disebut Pantas Jadi Menteri Pertanian Gantikan Syahrul Yasin Limpo

ktnanasional.com – SAMARINDA, Mundurnya SyahrulYasinLimpo ( SYL ) dari jabatan MenteriPertanian memunculkan spekulasi sejumlah nama yang bakal menggantikannya.

Salah satu tokoh yang disebut pantas menggantikan SYL adalah mantan Gubernur Kaltim Isran Noor, karena berasal dari partai politik yang sama, yakni Partai Nasdem.

Seperti diberitakan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang tengah terseret kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian telah menyampakan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Jokowi.

Sempat dikabarkan hilang saat melakukan perjalanan dinas ke Eropa, SYL akhirnya tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, Rabu (4/10/2023) malam.

Sejumlah nama pengganti SYL mencuat, diantaranya mantan Gubernur Kaltim Isran Noor yang mengakhiri masa jabatannya pada 30 September 2023 lalu.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim, Syafruddin kepada media menyatakan, sosok Isran Noor pantas ditunjuk Presiden Jokowi masuk di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

“Sudah saatnya tokoh Kaltim menjadi Menteri untuk membangun indonesia. Karena selama ini kan belum ada,” ungkap Udin, sapaan akrabnya, pada Senin (25/9/2023) lalu.

Ketua DPW PKB Kaltim ini juga menyinggung koalisi yang telah dibangun antara Partai Nasdem dan PKB, jika berhasil di Pilpres maka dirinya akan mengusulkan sejumlah tokoh Kaltim masuk masuk di kabinet.

“Apalagi kalau nantinya pasangan yang diusung koalisi memenangkan Pilres 2024, saya pribadi akan mengusulkan Pak Isran Noor masuk dalam kabinet,” imbuhnya.

Selama ini, Isran Noor dikenal dekat dengan Presiden Jokowi, apalagi sejak Kalimantan Timur ditetapkan sebagai lokasi Ibu Kota Negara ( IKN ).

Terakhir kali, interaksi keduanya saat kunjungan Presiden Jokowi ke Kota Samarinda dan IKN Nusantara, 21 September 2023 lalu.

Saat melakukan sidak ke Pasar Merdeka Samarinda, Isran Noor diajak Presiden Jokowi dalam satu mobil kepresidenan.

Hal ini terulang ketika Presiden Jokowi bertolak menuju IKN Nusantara menggunakan helikopter super Puma, Isran Noor turut mendampingi.

Bukan tidak mungkin, Isran Noor akan dipilih menjadi Manteri Pertanian menggantikan SYL.

Terlebih jika melihat latar belakang Isran Noor jauh sebelum menjadi Gubernur Kaltim adalah sebagai Penyuluh Pertanian.

Selain itu gelar pendidikan doktor atau S3 Pertanian yang disandangnya, dan juga Ketua Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Periode 2023-2028, terpilih kembali pada saat PENAS XVI di Pandang Sumatera Barat Bulan Juni 2023 lalu.

Prestasinya saat menjabat Gubernur Kaltim hingga level multinasional, ialah perdagangan karbon sehingga mendapatkan dana komopensasi dari World Bank senilai Rp 1,6 triliun.

Hal ini juga bisa dianggap sebuah torehan atau catatan baik.

Ketika disinggung terkait hal tersebut mantan Gubernur Kaltim Isran Noor tak menanggapi serius.

Isran Noor berusaha mengalihkan pertanyaan awak media.

“Siapa itu yang usulkan, Menteri itu apa?,” sebutnya, sembari tersenyum.

Dia juga mengungkapkan, bakal fokus usaha pasca selesai masa jabatan sebagai Gubernur Kaltim.

Saat ditanya apa usaha yang akan dijalaninya, Isran Noor enggan menyampaikan.

“Saya mau usaha saja dulu, bisnis. Bentuk usaha dulu,” singkatnya. (admin)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga